Home > Health > 4 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan Anak Kost

4 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan Anak Kost

4 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Kehidupan Anak Kost

Pandemi COVID-19 meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya kesehatan. Selain dari segi fisik, kita juga menyadari bahwa harga atau uang untuk kesehatan ternyata sangat mahal. Untuk itu, dari sekarang, anak kost perlu menyisihkan uang untuk dana kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan membeli asuransi kesehatan karena sesungguhnya manfaat asuransi kesehatan itu sangat baik untuk anak kost.

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya atau perawatan kesehatan para anggotanya. Perawatan meliputi ketika sakit, mengalami kecelakaan, sakit kritis, hingga cacat tetap.

Adanya asuransi kesehatan akan memudahkan proses pengobatan dan perawatan tersebut. Selain itu, asuransi memberikan jaminan perlindungan pada kondisi keuangan ketika anak kost sakit.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Jangan salah, punya asuransi kesehatan bukan berarti merencanakan sakit di masa yang akan datang. Punya asuransi sama artinya seperti peribahasa, “Sedia payung sebelum hujan.” Tidak perlu sakit dulu untuk punya asuransi kesehatan. Kalau masih ragu pentingnya punya asuransi kesehatan, simak beberapa manfaatnya berikut ini

1. Bikin kamu tidak perlu pusing soal biaya kesehatan

Adanya asuransi kesehatan berarti kamu memiliki jaminan finansial untuk kehidupan nantinya. Asuransi menjadi alat untuk persiapan menghadapi berbagai risiko kesehatan yang menguras kantong.

Kamu jadi tidak perlu pusing memikirkan berapa besar biaya pengobatan yang akan kamu keluarkan. Anak kost jadi lebih tenang dan fokus menjalani proses pengobatan dan perawatan untuk kesembuhan.

2. Tidak membebani keluarga

Asuransi kesehatan dapat meringankan beban keuangan keluarga terhadap kamu ketika sakit. Seperti yang kamu ketahui, jatuh sakit perlu biaya yang tidak sedikit. Dengan punya asuransi, biaya pengobatan dan perawatan sebagian besar ditanggung oleh perusahaan asuransi. Alhasil, kamu dan keluarga tidak perlu khawatir kekurangan biaya berobat.

BACA JUGA: 4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Lepas

3. Membantu perencanaan keuangan yang tertib

Keuntungan asuransi kesehatan adalah perencanaan dana yang sistematis. Kamu jadi dapat mengatur keuangan dengan baik. Pasalnya, asuransi mengharuskan kamu membayar premi secara rutin setiap bulan. Karena itu, kamu perlu rutin menyisihkan penghasilan untuk membayar preminya. Pembagian keuangan setiap bulan pun jadi jelas.

Berapa dana kesehatan yang perlu kamu anggarkan setiap bulannya? Sekitar 5-10 persen dari pendapatan rutin bisa kamu anggarkan sebagai biaya premi asuransi. Jadi, jika pendapatan kamu Rp10 juta per bulan, kamu hanya perlu mengalokasikan Rp1 juta untuk membayar biaya premi asuransi.

4. Memberikan perawatan yang ideal

Asuransi kesehatan biasanya memberikan berbagai pilihan jenis pengobatan dan perawatan untuk kamu. Perawatan kesehatan ini sesuai dengan perjanjian pada polis, memiliki plafon atau batas besaran biaya perawatan. Umumnya, tawaran perawatan dari asuransi kesehatan adalah yang terbaik. Dari rawat inap di tempat berkualitas, rawat jalan, persalinan, perawatan gigi, hingga biaya obat-obatan dan peralatan kesehatan yang kamu butuhkan.

Cara Pilih Besar Premi

Untuk memilih jenis asuransi kesehatan terbaik, tentu saja kamu harus banyak mencari informasi dan membandingkan antara produk-produk asuransi kesehatan yang ada di publik. Kamu perlu meneliti apa saja manfaat atau coverage yang diberikan dan apakah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pertimbangkan juga reputasi bank atau lembaga penerbit asuransinya.

Satu hal yang sering membuat bingung adalah pilihan besar premi yang akan dibayarkan. Ada yang bilang bahwa semakin tua, semakin mahal premi yang dibayarkan. Memang, semakin bertambahnya usia, premi akan lebih mahal. Bukan berarti ketika kamu masih muda, harus selalu ambil premi yang murah.

Pilihan premi mahal atau murah tidak tergantung usia, melainkan kebutuhan kesehatan kamu. Kalau pendapatan kamu saat ini tidak terlalu besar dan kebutuhan kesehatan belum terlalu banyak, tunda mengambil asuransi kesehatan dengan beragam fasilitas “wah”. Sebaliknya, kalaupun masih muda, tapi butuh banyak fasilitas kesehatan, boleh saja memilih asuransi dengan premi lebih mahal atau yang menawarkan banyak manfaat tersebut.

Nah, demikian manfaat asuransi kesehatan bagi anak kost, terutama berguna dari segi keamanan finansial. Sudah saatnya memprioritaskan juga dana kesehatan. Meski kamu merasa selalu sehat, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Ketika hal tidak terduga terjadi, kamu sudah punya persiapan yang tidak akan memusingkan.

Selain mencari asuransi kesehatan, apakah kamu juga sedang mencari kost yang nyaman? Jika iya, website Roomme.id atau aplikasi RoomMe akan membantu kamu  cari kost yang nyaman denn harga sewa kost terjangkau. Ada beragam kost Jakarta, Bandung, Jogja, hingga Surabaya yang berada di lokasi strategis untuk pilihan terbaik kamu.

 

Artikel Rekomendasi kami