Home > Food , Health > Madu, Si Manis Yang Kaya Manfaat

Madu, Si Manis Yang Kaya Manfaat

Madu, Si Manis Yang Kaya Manfaat

Madu terdiri dari glukosa dan fruktosa, sama seperti gula. Namun berbeda dari gula, madu jauh lebih sehat untuk dikonsumsi. Karena hanya mengandung 30 persen glukosa dan 40 persen fruktosa sedangkan gula mengandung 50% glukosa dan 50 persen fruktosa. Mengkonsumsi gula juga membuat kadar gula darah naik lebih cepat

Madu juga telah sejak lama dikenal baik untuk kesehatan dan kecantikan. Karena memiliki sifat antibiotik dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan nutrasetikal di dalamnya yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh.

Agar lebih jelas, berikut RoomMe rangkum manfaat madu untuk kesehatan yang bisa kamu baca dibawah ini.

1. Dapat Menyembuhkan Luka

Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhkan luka. Kandungan di dalamnya dipercaya dapat mengurangi infeksi, mengurangi nanah, mengurangi rasa sakit pada luka dan memberikan nutrisi bagi jaringan di sekitar luka.

Jenis luka yang bisa disembuhkan antara lain seperti luka bakar derajat sedang, lecet, luka pasca operasi, hingga luka pada kaki pasien diabetes.

2. Mencegah Kanker

Selain antibakteri, madu memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk mencegah efek buruk radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas ditimbulkan karena radiasi dan paparan asap rokok. Kandungan antioksidan di dalamnya hampir sama dengan kandungan antioksidan di buah dan sayuran.

BACA JUGA:

3. Meredakan Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering di derita masyarakat Indonesia terutama saat musim pancaroba. Jika kamu salah satu orang yang sering terkena penyakit batuk, kamu bisa menggunakan madu sebagai alternatif pengganti obat-obatan. Itu karena rasa manisĀ  bisa memicu produksi air liur dan lendir yang dapat membasahi tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk.

Kamu bisa mengkonsumsinya pada malam hari sebelum tidur. Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak, mengkonsumsi madu sebelum tidur efektif meredakan batuk dan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam penelitian yang dilakukan oleh School of Medicine, di Cardiff University, Inggris, madu dapat merangsang produksi sel-sel imunitas yang dapat meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh.

Penelitian tersebut juga menyebutkan madu dapat melawan bakteri yang sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti stroke, jantung koroner dan gangguan ginjal. Kandungan antioksidan di dalamnya tidak hanya dapat mencegah kanker tapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin untuk menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Mengontrol Berat Badan

Untuk kamu yang ingin mengontrol berat badan, kamu bisa mencampurnya dengan air hangat dan perasan jeruk nipis atau lemon. Campuran keduanya efektif untuk membakar lemak dan memperlancar saluran pencernaan.

Saat ini banyak beredar madu palsu yang dapat membahayakan kesehatan. Ada baiknya kamu memilih madu yang sudah terdaftar pada BPOM dan hindari yang mengandung nektar Rhododendron karena mengandung racun yang dapat menyebabkan nyeri dada dan tekanan darah rendah.

 

Artikel Rekomendasi kami