Home > Health > Anak Kost, Hindari 6 Kebiasaan Ini Agar Metabolisme Tubuh Enggak Terganggu

Anak Kost, Hindari 6 Kebiasaan Ini Agar Metabolisme Tubuh Enggak Terganggu

Anak Kost, Hindari 6 Kebiasaan Ini Agar Metabolisme Tubuh Enggak Terganggu

Kita semua tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan berat badan ideal. Untuk bisa mendapatkan kedua hal tersebut, sangat penting untuk memastikan bahwa metabolisme tubuh kita berjalan dengan baik. Sayangnya, kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan tanpa disadari justru bisa mengganggu metabolisme tubuh kita, lho.

Nah, agar metabolisme kamu tetap berjalan dengan baik, yuk mulai hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh

1. Waktu tidur yang kurang

Selain membuat tubuh jadi lemas, kurang tidur secara terus-menerus juga dapat mengacaukan metabolisme, lho. Pasalnya, kurang tidur membuat tubuh kamu membakar lebih sedikit kalori ketika sedang beristirahat. Itu tentu buruk, karena kalori yang tidak terbakar dengan baik akan menumpuk dan menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas). Itu sebabnya, kamu dianjurkan untuk tidur setidaknya 7-8 jam sehari agar metabolisme bisa berjalan dengan optimal.

2. Diet yang terlalu ketat

Meski tujuannya untuk menurunkan berat badan, tapi melakukan diet yang terlalu ketat justru dapat mengganggu metabolisme, lho. Hal ini bisa disebabkan oleh menurunnya asupan kalori secara drastis yang membuat tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup.

Alih-alih melakukan diet ketat, pakar kesehatan justru merekomendasikan penerapan pola makan sehat dan rajin berolahraga untuk mendapatkan berat badan ideal sekaligus membantu memaksimalkan metabolisme di tubuh.

3. Kurang minum air

Hampir semua proses yang dijalankan sel-sel dan sistem di dalam tubuh membutuhkan asupan air, termasuk metabolisme. Jika tubuh sampai kekurangan asupan air (dehidrasi), maka seluruh proses di dalam tubuh akan ikut terganggu. Itu sebabnya, kamu disarankan untuk mencukupi asupan air setiap harinya agar metabolisme di tubuh tidak terganggu. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.

4. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah wajar dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi tubuh, salah satunya meningkatkan metabolisme. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan kafein justru dapat menyebabkan metabolisme jadi terganggu.

Ini karena kafein yang berlebih dapat membuat kamu jadi tidak nafsu makan. Kalau hal tersebut terus dibiarkan, kamu justru akan makan melebihi dari porsi yang seharusnya ketika sudah sangat lapar. Kondisi seperti itu tentu buruk untuk metabolisme di tubuh kamu.

5. Malas berolahraga

Malas berolahraga juga dapat membuat metabolisme di tubuh kamu terganggu. Ini disebabkan oleh kemampuan otot-otot di tubuh yang melemah akibat tidak sering dilatih. Kemampuan otot yang menurun inilah yang membuat kalori di tubuh tidak terbakar dengan baik, yang pada akhirnya menumpuk dan menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas). Karena alasan itu, kamu dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari agar metabolisme di tubuh tetap berjalan dengan baik.

6. Terlambat sarapan

Banyak yang berpikir jika terlambat sarapan jauh lebih baik ketimbang tidak sarapan sama sekali. Meski demikian, bukan berarti sarapan terlalu siang baik untuk dilakukan, lho ya. Pasalnya, saat tidur malam, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan apapun sehingga saat pagi tubuh pun tak memperoleh sumber energi yang cukup.

Tanpa adanya sarapan, otomatis tubuh tidak mendapatkan sumber energi yang cukup. Padahal, tak sedikit dari kamu yang disibukkan dengan berbagai aktivitas di pagi hari. Telat sarapan tidak memberikan solusi untuk hal itu. Justru, telat sarapan hanya akan mengganggu sistem metabolisme di tubuh sehingga kamu pun akan lebih rentan untuk terkena berbagai penyakit, seperti obesitas, gangguan metabolik, hingga risiko diabetes.

Itu dia enam kebiasaan yang bisa mengganggu metabolisme. Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan di atas agar metabolisme tetap bisa berjalan dengan optimal.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami