Home > Health > Malas Olahraga Ketika Puasa? 7 Gerakan Olahraga Ini Bisa Dilakukan dari Tempat Tidur

Malas Olahraga Ketika Puasa? 7 Gerakan Olahraga Ini Bisa Dilakukan dari Tempat Tidur

Malas Olahraga Ketika Puasa? 7 Gerakan Olahraga Ini Bisa Dilakukan dari Tempat Tidur

Puasa sering dijadikan alasan malas berolahraga selama bulan Ramadan. Olahraga ketika puasa dianggap membuat tubuh cepat lemas. Padahal, gerakan olahraga bisa membuat tubuh lebih bugar.

Olahraga dapat melancarkan metabolisme dan aliran darah, meningkatkan stamina tubuh, mengoptimalkan kerja hormon, mencegah berat badan naik, serta mencegah penyakit jantung.

Untungnya, gerakan olahraga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, termasuk di tempat tidur. Jika Roommies masih belum punya semangat bangkit dari tempat tidur, beberapa gerakan olahraga berikut dapat kamu lakukan tanpa meninggalkan tempat tidur.

Tanpa perlu berganti baju olahraga, memakai sepatu, dan menyiapkan peralatan olahraga, tubuh anak kost bakal tetap bugar selama puasa. Praktis!

Butterfly bridges

Sambil berbaring menghadap ke atas, kedua kaki ditekuk hingga lutut. Telapak kaki menjejak pada kasur lalu buka kedua kaki yang tertekuk (seperti sayap kupu-kupu) dan kedua tangan letakkan di samping badan dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.

Kemudian, angkat pinggul kamu perlahan sambil mempertahankan kedua lutut yang terbuka. Lalu turunkan, tapi sebelum menyentuh kasur kembali, angkat lagi pinggul kamu. Ulangi sebanyak 20-30 kali.

Plank

Siapa bilang gerakan plank tidak dapat dilakukan pada tempat tidur? Berbaring secara telungkup dengan bertumpu pada perut, tekuk kdua tangan hingga sejajar bahu, kedua telapak tangan letakkan pada kasur dan menghadap ke bawah, serta jari-jari kaki siap menjadi tumpuan.

Lalu angkat tubuh hingga kedua tangan lurus. Tahan selama 30 detik, 45 detik, atau satu menit. Terlihat mudah, padahal bila dilakukan pada permukaan yang empuk seperti kasur, perlu tenaga ekstra. Pas banget membuat tubuh lebih berenergi tanpa gerak berlebihan.

BACA JUGA:

Bicycle Crunch

gerakan olahraga bicycle crunch

Sumber: Popsugar.com.au

Berbaring pada punggung lalu angkat kaki dan tekuk kedua lutut hingga posisi paha tegak lurus dengan tempat tidur dan membentuk sudut 90o dengan pinggul. Pada tubuh bagian atas, angkat bahu dan letakkan kedua tangan di belakang kepala.

Kemudian, gerakan lutut kanan hingga mendekati dada, sedangkan kaki kiri menjauhinya sambil tetap terangkat ke udara. Gerakan juga bahu kiri tadi dan otot perut ke arah lutut kanan yang mendekati dada. Coba dekatkan siku kiri yang terlipat pada lutut kanan. Namun, usahakan tubuh bagian bawah tetap di kasur.

Lakukan gerakan tadi secara bergantian antara kaki kiri dan kanan. Lakukan sebanyak 15 kali untuk setiap sisi tubuh.

Leg Raises

Berbaring pada punggung, tangan disimpan di bawah bokong dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu angkat kedua kaki ke atas hingga tegak lurus dengan kasur. Kemudian, perlahan turunkan kaki kanan hingga dan angkat kembali sebelum menyentuh kasur. Lakukan bergantian dengan kaki kiri. Masing-masing kaki diulangi sebanyak 20-30 kali.

BACA JUGA:

Glute Bridges

Berbaring pada punggung, tekuk kedua kaki, dan telapak kaki menjejak pada tempat tidur. Keluarkan napas dan tekan otot perut kamu, kemudian angkat pinggul dan bokong sambil bertumpu pada tumit. Setelah itu, hirup napas dan letakkan kembali pinggul dan bokong pada posisi semula. Ulangi sebanyak 15-20 kali.

Lateral Leg Lifts

gerakan olahraga lateral leg lifts

Sumber: ApartementTherapy.com

Berbaring menyamping, tekuk salah satu kaki hingga berada di belakang tubuh kamu. Misalnya, ketika berbaring menghadap ke kiri, tekuk kaki kiri ke belakang. Lalu, sanggah kepala menggunakan tangan kiri.

Selanjutnya, angkat kaki kanan dalam posisi lurus hingga tumit sejajar dengan tubuh. Lakukan gerakan turun naik tanpa menyentuh kaki kiri dan kasur selama 20-30 kali. Balik badan dan ulangi gerakan serupa selama 20-30 kali juga.

V-Up

Masih berbaring pada punggung, luruskan kaki dan letakkan tangan lurus hingga melewati kepala. Lalu angkat tubuh kamu sampai tangan menyentuh jempol kaki dan berbaring kembali. Ulangi gerakan ini hingga 15-20 kali.

Gimana? Sudah terasa lebih segar, bukan? Semoga membuat kamu semangat menjalani puasa hari ini.

Artikel Rekomendasi kami