Home > Health > Diet Mediterania:Diet yang Mudah Dilakukan Anak Kost

Diet Mediterania:Diet yang Mudah Dilakukan Anak Kost

Diet Mediterania:Diet yang Mudah Dilakukan Anak Kost

RoomMies ingin menjaga kesehatan jantung sambil tetap menjaga kestabilan atau justru menurunkan berat badan? Kalau iya, yuk coba lakukan diet mediterania. Karena RoomMies bisa merasakan dua manfaat tersebut sekaligus loh. Ssst, diet mediterania juga gampang banget dipraktekkan anak kost loh.

Diet mediterania atau mediterranean diet pertama kali ditemukan pada tahun 1960. Dilansir dari Mayo Clinic, mediterranean diet merupakan diet yang dilakukan dengan mengonsumsi makanan tradisional negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Pada dasarnya untuk melakukan mediterranean diet, seseorang diharuskan untuk mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Manfaat dan Kekurangan Diet Mediterania

Semua jenis diet pasti memiliki manfaatnya masing-masing, termasuk diet mediterania. Beberapa manfaat mediterranean diet yang sayang banget buat RoomMies lewatkan selain menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan, yaitu mencegah penyakit kronis (seperti diabetes dan kanker), mengurangi risiko alzheimer, dan membantu meringankan gejala peradangan sendi.

BACA JUGA:

Makanan yang Perlu dikonsumsi saat Melakukan Diet Mediterania

Pada dasarnya dalam menerapkan pola makan untuk diet mediterania ada makanan yang sebaiknya dikurangi porsinya yaitu daging ayam, daging sapi, dan ikan. Namun, bukan berarti dikurangi sama sekali ya, RoomMies. RoomMies yang melakukan mediterranean diet tetap diwajibkan mengonsumsi ikan, setiap dua minggu sekali dengan porsi kecil.

Untuk melakukan diet mediterania, pola makan yang perlu RoomMies terapkan adalah:

1. Sayur dan buah

Menu makanan pertama yang harus selalu ada dalam daftar menu harian adalah sayur dan buah. Sayurnya RoomMies bisa memilih tomat, brokoli, kangkung, bayam, wortel, kembang kol, dan mentimun. Sedangkan untuk pilihan buahnya adalah apel, pisang, jeruk, anggur, melon, stroberi, kurma, pir, dan persik.

Dilansir dari Mayo Clinic, saat melakukan mediterranean diet seseorang disarankan untuk mengonsumsi 21-30 gram sayur perhari, serta 24,5-35gram buah perhari.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan lain yang perlu ada dalam menu diet adalah kacang-kacangan atau biji-bijian. Seperti almon, kenari, kacang mete, kacang polong, buncis, oat, dan roti gandum. RoomMies juga diperbolehkan mengonsumsi olahan gandum seperti pasta, sereal, dan roti gandum.

Selain itu, RoomMies tetap bisa menikmati makanan umbi-umbian. Seperti kentang, ubi, dan lobak. Saat melakukan mediterranean diet jangan lupa untuk membatasi konsumsi garam ya. Sebagai gantinya RoomMies diperbolehkan untuk mengonsumsi bumbu dari rempah-rempah alami.

Jangan lupa juga untuk mengganti penggunaan butter atau margarin dengan minyak zaitun saat memasak.

3. Makanan dan minuman olahan susu

Buat RoomMies yang suka banget sama makanan atau minuman olahan susu saatnya berbahagia. Karena saat melakukan mediterranean diet RoomMies tetap diperbolehkan untuk mengonsumsinya seperti susu, yoghurt, dan susu.

Tapi tetap minuman terbaik saat melakukan mediterranean diet adalah air putih.

Ternyata diet di atas banyak banget manfaatnya ya RoomMies. Selain itu, untuk RoomMies juga bisa dengan mudah mempraktekkan mediterranean diet di kost. Selamat mencoba RoomMies. 🙂

Artikel Rekomendasi kami