Home > Health > Cara Mengatasi Sulit Tidur Hanya Dalam Waktu 1 Menit Langsung Pulas!

Cara Mengatasi Sulit Tidur Hanya Dalam Waktu 1 Menit Langsung Pulas!

Cara Mengatasi Sulit Tidur Hanya Dalam Waktu 1 Menit Langsung Pulas!

Hampir semua orang pasti senang jika disuruh tidur, terutama sebagian anak kost yang hobinya rebahan. Dengan tidur, seluruh tubuh akan merasa relaks setelah seharian beraktivitas. Sayangnya, masih banyak diantara kita yang sulit sekali untuk tidur. Sulit tidur ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Jika kamu termasuk orang yang sulit tidur, kamu harus tahu cara mengatasi sulit tidur.

Metode 4-7-8 Atasi Sulit Tidur

Caranya sangatlah mudah, dari sekian banyak metode yang di tawarkan agar seseorang bisa tertidur dengan cepat, nyenyak dan terbangun dengan segar. Mungkin ini adalah cara termudah dan tercepat yang bisa kamu coba, karena kamu hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk melakukkannya. Inilah cara yang bisa kamu lakukan, hanya dengan 3 langkah dalam waktu 1 menit!

cara mengatasi sulit tidur

sumber: budesign

1. Bernapaslah secara perlahan melalui hidung dalam hitungan 4 detik.

2. Tahan napas selama 7 detik.

3. Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut dalam hitungan 8 detik.

Sangat mudah bukan langkah-langkahnya? Cara ini disebut dengan ‘metode 4-7-8’. Jika Kamu benar-benar mencobanya ketika ingin tidur, Kamu baru akan percaya bahwa metode ini akan berfungsi dengan baik untuk membuatmu mudah terlelap.

Metode ini dapat berfungsi dengan baik untuk membuatmu terlelap karena dengan mengatur pernafasanmu, maka secara tidak langsung irama jantungmu juga menjadi lebih lambat. Irama jantung yang lebih lambat akan membuat dirimu lebih tenang dan mudah terlelap.

Inilah mengapa ketika kamu merasa cemas dan stres, Kamu akan mengalami kesulitan tidur. Ketika Kamu cemas dan stres, jumlah adrenalin dalam darah akan mengalami peningkatan dan pernapasanmu pun akan cenderung lebih cepat dan lebih ringan.

Metode 4-7-8 Sama Dengan Obat Penenang

Latihan pernafasan dalam metode 4-7-8 ini dapat dikatakan memiliki cara kerja yang hampir sama dengan obat penenang, maka tidak heran ketika Kamu melakukannya, Kamu akan dapat dengan cepat terlelap.

Selain bekerja pada sistem pernapasan, metode ini juga memiliki efek yang sama untuk menenangkan pikiranmu. Metode ini akan membuatmu berkonsentrasi secara penuh saat Kamu melakukan teknik pernapasan 4-7-8.

Ketika kamu melakukannya, kamu tidak akan menyadari bahwa sebenarnya saat kamu bernapas, sistem saraf pusatmu akan secara bertahap mengurangi aktivitasnya dan perasaan cemas pun akan menghilang.

Akibatnya, tubuhmu akan terasa lebih rileks dan Kamu akan tertidur dengan cepat.

Metode 4-7-8 Sama Dengan Obat Bius

Seorang dokter dari Harvard, Andrew Weil, juga telah menyelidiki bahwa metode 4-7-8 ini memiliki cara kerja yang sama dengan obat bius.

Bahkan Andrew juga mengatakan bahwa metode ini sudah terkenal selama beberapa abad di India sebagai metode yang digunakan dalam latihan meditasi untuk mencapai keadaan relaksasi sepenuhnya.

Tidur yang berkualitas tidak hanya menjadi kewajiban setiap orang, melainkan juga menjadi kebutuhan untuk dilakuan. Dengan memperoleh tidur yang berkualitas, berarti secara tidak langsung Kamu sudah menjaga kesehatan fisik dan juga psikismu. Jadi, mulai sekarang atasi masalah sulit tidurmu dengan cara mengatasi sulit tidur metode 4-7-8. Selamat mencoba!

Artikel Rekomendasi kami