Home > Health > Cara Agar Cepat Tidur dengan Metode 10, 60, dan 120 Detik

Cara Agar Cepat Tidur dengan Metode 10, 60, dan 120 Detik

Cara Agar Cepat Tidur dengan Metode 10, 60, dan 120 Detik

Tubuhmu butuh tidur, sama seperti tubuh membutuhkan udara dan makanan agar metabolismenya berfungsi dengan baik. Selama tidur, tubuh akan menyembuhkan, memulihkan, dan mengembalikan keseimbangan kimianya. Otak akan membentuk koneksi pemikiran baru dan membantu retensi memori. Tanpa tidur yang cukup, otak dan sistem tubuh tidak akan berfungsi normal. Hal ini berarti dapat menurunkan kualitas hidup secara drastis. Sayangnya, tak semua orang bisa tidur dengan cepat. Beberapa orang membutuhkan bantuan cara agar cepat tidur.

Nah, berikut ini RoomMe akan membahas cara agar cepat tidur bagi kamu yang punya masalah tidur.

Metode 10 Detik

Biasanya dibutuhkan “mantra” sihir untuk tertidur secepat ini. “Mantra”-nya adalah dengan metode militer. Dilansir dari Healthline, metode ini pertama kali dipublikasikan oleh Sharon Ackerman, berasal dari sebuah buku berjudul “Relax and Win: Championship Performance”.

Menurut Ackerman, para anggota angkatan laut Amerika Serikat membuat rutinitas ini untuk tertidur dalam 2 menit atau kurang. Perlu waktu berlatih sekitar 6 minggu dan berhasil bahkan setelah minum kopi dengan latar suara tembakan.

Caranya adalah sebagai berikut:
– Relaks seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut.
– Turunkan bahu untuk melepas ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh.
– Buang napas, relaksasi dada, kaki, paha dan betis.
– Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan.
– Jika tidak berhasil coba ucapkan “jangan berpikir” berulang kali selama 10 detik.
– Dalam 10 detik, kamu pun akan tertidur.

Metode 60 Detik

Metode ini berfokus pada pernapasan, dan mengalihkan pikiran dari berbagai hal lalu menyadari bahwa tubuh sedang berada di tempat tidur. Jika kamu seorang pemula yang baru belajar metode ini, kamu memerlukan waktu yang lebih lama untuk bekerja.

Metode ini dinamakan metode 4-7-8. Dengan menggabungkan kekuatan meditasi dan visualisasi, cara ini akan efektif dengan banyak latihan.

Caranya adalah sebagai berikut:
– Biarkan bibirmu sedikit terbuka dan mengeluarkan suara mendesing saat mengeluarkan napas melalui mulut.
– Kemudian tutup bibir dan tarik napas tanpa suara melalui hidung. Hitung sampai 4 di kepala.
– Kemudian tahan napas selama 7 detik.
– Setelah itu, buang napas dengan suara mendesing selama 8 detik.
– Cobalah untuk mempraktekkannya tanpa berpikir.
– Selesaikan siklus ini selama empat napas penuh dan biarkan tubuh tertidur jika kamu merasa relaks datang lebih awal dari antisipasi.

Metode 120 Detik

Nah, kalau metode di atas belum berhasil kamu bisa coba cara terakhir ini.
Caranya adalah dengan katakan pada diri sendiri untuk tetap terjaga, cara ini disebut niat paradoks. Mengatakan pada diri sendiri untuk tetap terjaga adalah cara yang baik untuk tertidur lebih cepat. Kemudian bayangkan tempat yang tenang dan damai.

Misalnya, air terjun, suara gemericik air, derasnya air, dan aroma lumut yang lembap. Kuncinya adalah membiarkan gambar ini mengambil ruang di otak untuk mencegah diri kembali dengan pikiran kekhawatiran dan kecemasan sebelum tidur.
Dalam study University of Oxford menemukan bahwa orang yang mempraktikkan niat paradoks tertidur lebih cepat daripada mereka yang tidak.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami