Home > Health > Buka Puasa Dengan yang Manis? Ketahui Dulu Dampak Buruknya Untuk Tubuh

Buka Puasa Dengan yang Manis? Ketahui Dulu Dampak Buruknya Untuk Tubuh

Buka Puasa Dengan yang Manis? Ketahui Dulu Dampak Buruknya Untuk Tubuh

Setelah berpuasa seharian, tentunya sangat nikmat jika buka puasa dengan yang manis-manis. Selain karena sunnah rasul, berbuka dengan yang manis-manis juga bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Tapi tahukah kamu, jika berbuka dengan manis justru kurang baik lho untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Dampak Buruk Berbuka dengan yang Manis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa buka puasa dengan makanan atau minuman manis merupakan salah satu anjuran dari Rasulullah SAW. Ketika kita berpuasa, kadar gula dalam darah menurun sehingga menyebabkan kita merasa lemas, mengantuk, dan kurang berenergi.

Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula untuk kembali berenergi. Namun, mengonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan gula tambahan justru tidak baik dikonsumsi secara berlebihan.

Sebab, gula tambahan dalam makanan atau minuman bisa membuat lonjakan kalori dalam tubuh. Terlalu banyak asupan kalori bisa berujung pada kenaikan berat badan. Padahal, jika diterapkan dengan pola makan yang benar, puasa Ramadhan justru mampu mengurangi berat badan tubuh, lho. 

Tidak hanya membuat kenaikan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis tambahan juga bisa membuat kamu rentan untuk terkena berbagai penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, hingga merusak fungsi hati.

Tips Jika Ingin Buka Puasa Dengan yang Manis

Tidak boleh mengonsumsi pemanis tambahan ketika berbuka, bukan berarti kamu dilarang untuk buka puasa dengan makanan atau minuman manis. Sebaliknya, kamu tetap dianjurkan asalkan mencari sumber pemanis alami, seperti berikut ini.

1. Kurma

Saat ingin berbuka dengan yang manis, kurma adalah salah satu pilihan yang tepat. Sejak zaman Rasulullah SAW, kurma sudah dipilih sebagai makanan untuk berbuka puasa. Kurma tepat dipilih sebagai camilan untuk berbuka, karena kandungan gula alami di kurma mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa. 

Sedikit tips, saat kamu ingin membeli kurma, perhatikan komposisi gula yang tertera di kemasan. Selain itu, pilihlah kurma dengan kandungan gula yang minim.

2.  Buah-buah

Selain kurma, buah-buahan juga cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa karena mengandung gula alami. Tak hanya mengandung gula alami yang sehat, buah-buahan juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga bisa menghilangkan rasa haus setelah berpuasa.

3. Madu

Bila kamu memiliki kebiasaan minum teh saat berbuka puasa, kamu bisa menggunakan madu sebagai pemanisnya. Menurut Medical News Today, madu memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah bila dibandingkan dengan gula, sehingga tidak akan membuat lonjakan kadar gula darah setelah kamu mengonsumsinya.

Itulah tiga tips jika ingin buka puasa dengan yang manis yang bisa kamu terapkan. Pada dasarnya, berbuka dengan yang manis memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya jika kamu mulai memilih asupan gula alami agar kesehatan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami