Home > Health > 5 Mitos Tentang Postur Tubuh yang Buruk dan Cara Mengatasinya

5 Mitos Tentang Postur Tubuh yang Buruk dan Cara Mengatasinya

5 Mitos Tentang Postur Tubuh yang Buruk dan Cara Mengatasinya

Ada yang bilang duduk harus tegak supaya tulang punggung tidak melengkung dan penampilan kamu jadi tidak indah dilihat. Ada juga yang bilang kalau postur seseorang sudah dari sananya alias keturunan, jadi kalau memang tampak tidak proporsional, ya, memang dari sananya. Itulah beberapa anggapan soal postur tubuh yang sering dibicarakan dari waktu ke waktu. Tapi, apakah secara ilmiah dapat dibenarkan? Atau hanya mitos?

Seperti yang sudah sering kamu alami, berbagai nasihat kesehatan suka kamu dapatkan hanya dari omongan orang-orang sekitar. Sementara, soal kesehatan pasti selalu ada penjelasan secara ilmiahnya. Bila tidak, nasihat tersebut bisa jadi hanya sebuah mitos. Namun, sebuah mitos pun pasti ada penjelasan mengapa orang bisa menciptkan anggapan tersebut. Termasuk, soal postur tubuh.

Mitos Postur Tubuh yang Buruk

Ada beberapa mitos yang muncul sekadar untuk memberi penjelasan atau menghindarkan kamu dari postur tubuh yang buruk. Pakar kiropraktik asal Chicago, Richard Arrandt, D.C, kepada Shape.com memaparkan beberapa mitos tersebut seperti berikut ini.

Mitos: Duduk membungkuk cuma tidak enak dilihat, nggak bakal ada efek negatif buat kesehatan.

Fakta: Salah. Duduk bungkuk punya dampak juga pada kesehatan. Ketika duduk membungkuk, kepala juga lebih maju ke depan, membuat bahu juga harus maju. Hal ini bisa membuat sakit pada rahang dan kepala (pusing). Bahu dan punggung juga berisiko sakit. Ditambah, kalau tulang belakang tidak dalam posisi sejajar, bisa memengaruhi bentuk tulang iga, yang menimbulkan risiko kerusakann jantung dan paru-paru serta masalah pada lambung dan usus (gastrointestinal).

Mitos: Duduk menyilangkan kaki menyebabkan varises.

Fakta: Tidak sepenuhnya benar, bergantung pada kondisi tubuh kamu. Kaki yang disilangkan, diletakkan di atas kaki yang lain, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah kaki. Jika sistem pembuluh darah kamu berada di dekat permukaan, bakal makin terlihat pada kulit. Karena itu, saat duduk menyilangkan kaki, tampak memiliki varises. Efek lainnya, menyilangkan kaki dapat membuat punggung bagian bawah sakit.

Mitos: Menggertakkan gigi (sambil menggerakkan rahang) berakibat disfungsi rahang.

Fakta: Benar! Orang seringkali punya kebiasaan menggertakkan gigi untuk mengusir rasa cemas atau gugup. Namun, efeknya bagi kesehatan adalah meningkatkan tekanan pada sendi temporomandibular atau sendi antara rahang dan tengkorak. Akibatnya, sendi pada rahang jadi aus, kemudian timbul juga sakit kepala, nyeri leher, dan sakit pada punggung bagian atas

Mitos: Postur tubuh yang jelek tidak dapat diperbaiki.

Fakta: Tidak benar sama sekali! Misalnya, duduk membungkung sering terjadi bila tempat duduknya tidak nyaman (ergonomis). Tapi, ada, tuh, olahraga untuk mengatasi dampak buruk duduk membungkuk. Misalnya, dengan latihan beban dan perenggangan yang fokus pada leher, bahu, dan punggung.

Mitos: Postur tubuh yang jelek karena keturunan.

Fakta: Tidak sepenuhnya salah. Postur tubuh yang jelek memang bisa karena keturunan, tapi bukan berarti tidak dapat diperbaiki. Olahraga adalah caranya. Coba untuk melakukan latihan yang mengencangkan dan menguatkan inti tubuh kamu, yaitu bagian tengah badan, termasuk otot perut bagian dalam dan otot dekat tulang belakang.

Latihan penguatan otot ini dapat memperbaiki postur tubur, membuat kamu lebih mudah duduk dan berdiri tegak. Olahraga lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh dengan menguatkan tubuh adalah pilates.

Mitos: Kerja depan komputer sepanjang hari bikin postur tubuh (makin) jelek.

Fakta: Benar! Duduk depan komputer sepanjang hari secara tidak sadar membuat kamu sering menjulurkan leher ke depan dan membungkukkan bahu. Untuk mengatasi dan mencegah postur tubuh jadi jelek, gunakan meja dan kursi yang didesain secara ergonomis.

Bisa juga dengan menyesuaikan meja dan letak kursi supaya lebih nyaman dan ergonomis—jadi, tidak harus membeli yang baru. Kalau kamu sering menelepon atau berbicara pada meeting online, gunakan headset. Jangan memaksakan diri membungkuk ke dekat komputer supaya suara lebih terdengar.

Satu lagi, jangan lupa untuk beristirahat, beranjak dari tempat duduk dan bergerak atau berjalan sedikit sambil meregangkan tubuh.

Itulah kebenaran-kebenaran yang perlu kamu ketahui mengenai kondisi tubuh dan cara mengatasi bila memiliki postur tubuh yang buruk. Sebelum terlambat, yuk, dimulai dari sekarang untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang baik!

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami