Home > Health > 5 Kebiasaan #DiKostAja yang Menyebabkan Sakit Punggung

5 Kebiasaan #DiKostAja yang Menyebabkan Sakit Punggung

5 Kebiasaan #DiKostAja yang Menyebabkan Sakit Punggung

Selama pandemi COVID-19 masih berlangsung, selama itu pula tidak ke mana-mana selain di kost saja adalah pilihan terbaik. Hanya saja, bukan berarti tidak memperhatikan kesehatan. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan di kost malah dapat menimbulkan sakit punggung.

Tubuh yang jarang bergerak, terlalu lama berada di satu posisi, atau bermalas-malasan berdampak juga pada otot dan tulang tubuh. Bahkan, bisa terjadi pada aktivitas yang kamu anggap sebagai posisi santai atau dirasa tidak bakal menimbulkan masalah. Akibatnya, badan terasa pegal dan timbul sakit punggung. Ditambah lagi bila jarang berolahraga.

Kebiasaan Selama di Kost Penyebab Sakit Punggung

Sebelum semakin parah, seperti dilansir dari Real Simple, cari tahu dulu kebiasaan-kebiasaan selama beraktivitas di kost yang timbulkan sakit punggung.

1. Bekerja di kasur

Ngaku, deh, ketika bekerja dari kost, kasur jadi salah satu tempat favorit untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Duduk di kasur memang rasanya nyaman dan kenyamanan adalah salah satu syarat supaya tetap produktif kerja.

Padahal, duduk di kasur yang empuk membuat pantat kamu menekan permukaan kasur lebih dalam. Posisi ini malah memberikan tekanan lebih banyak pada pungung bagian bawah.

Solusi: Jika mau tetap bekerja di atas tempat tidur, jaga bentuk alami tulang belakang kamu dengan meletakkan bantal di bagian belakang tubuh dekat tulang ekor. Lebih baik lagi membeli tempat duduk khusus yang empuk dan dapat digunakan pada permukaan datar.

2. Terlalu banyak tidur

Beberapa penelitian, menurut Brian A. Cole, MD, FAAOS, dokter bedah ortopedi di Englewood Spine Associates, New Jersey, AS, menemukan bahwa kualitas tidur yang rendah punya pengaruh terhadap timbulnya sakit punggung bagian bawah. Memang masih belum ditemukan penelitian lebih lanjut hubungan antara tidur dan sakit punggung.

Namun, kesimpulan penelitian tadi bisa jadi fakta bahwa aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan ketegangan pada badan. Tidur adalah salah satu komponen penting dalam proses penyembuhan jaringan tubuh lunak yang mudah rusak karena gerak tubuh kita. Kalau kamu tidak tidur dengan benar, kamu tidak memberikan kesempatan pada tubuh kamu untuk melakukan proses penyembuhan.

Solusi: Kalau kamu bangun dengan keadaan sakit punggung, penyebabnya bisa karena posisi tidur atau kasur yang digunakan. Waspada jika kamu suka tidur tengkurap, posisi tersebut dapat menimbulkan kondisi yang disebut spinal stenosis—penyempitan tulang belakang yang membuat saraf tertekan.

Jadi, cari posisi yang lebih nyaman selain tengkurap. Bila masalah kasur, cari kasur atau pelapis kasur yang dapat mendukung berat dan bentuk badan kamu dalam waktu bersamaan.

3. Duduk posisi bermalas-malasan

Tidak ada yang mengawasi selama bekerja dari kost membuat kamu bebas menentukan posisi paling enak untuk bekerja, termasuk duduk bersandar seperti saat sedang streaming film kesayangan. Ditambah lagi, waktu luang yang banyak digunakan untuk duduk bermalas-malasan nonton serial favorit. Padahal, posisi tersebut dapat menimbulkan tekanan pada tulang punggung dan menimbulkan sakit punggung.

Solusi: Tidak masala kalau kamu mau bersandar supaya lebih nyaman saat melakukan sesuatu Tapi, pastikan tempat kamu duduk dapat mendukung dengan baik punggung bagian bawah kamu. Bila perlu, tambahkan alas untuk support punggung bagian bawah.

4. Olahraga menggunakan sepatu lama

Sepatu lama di sini adalah yang sudah mulai rusak dan tidak mampu memberikan support atau melindungi kaki ketika bergerak. Bila kamu mulai sering keseleo atau terpeleset ketika berolahraga, bisa jadi masalahnya karena sepatu lama tersebut.

Sepatu yang mampu mendukung kaki (arch) bakal melindungi dari cedera saat bergerak dan berolahraga, yang dampaknya membuat kaki, pinggul, dan punggung sejajar. Dengan begitu, mencegah sakit punggung.

Solusi: Beli sepatu yang memang didesain untuk mendukung kurva tubuh kamu, apakah flat feet, normal (normal arch), atau tinggi (high arch). Cara mengetahui kurva tubuh kamu adalah coba celupkan telapak kaki ke air, lalu berjalan di lantai semen untuk melihat jejak kaki kamu.

Kalau yang terlihat hanya bagian depan kaki, artinya kamu memiliki kurva tinggi (high arch). Jika yang terlihat hanya bagian depan, samping, dan belakang kaki, kamu punya normal arch. Sedangkan, kalau yang terlihat seluruh telapak kaki, termasuk pada bagian dalam, kamu punya kurva rendah (low arch) atau flat feet.

5. Duduk depan meja terlalu lama

Selain pada tempat tidur, duduk depan meja terlalu lama juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Apalagi, kalau kamu mesti menyelesaikan pekerjaan selama jam kantor, artinya harus duduk selama 8 jam per hari. Saking pengen selesai pekerjaan tadi, kamu jarang beranjak dari tempat duduk dan bergerak sekadar melepas ketegangan. Padahal, duduk memberikan tekanan 40% lebih besar pada tulang punggung daripada berdiri.

Solusi: Ketika duduk, apabila ada jarak antara punggung dan sandaran kursi, letakkan bantal atau sandaran pada celah tersebut, sehingga posisi duduk kamu lebih seimbang. Dan, setiap satu jam sekali, lakukan peregangan tubuh.

Gerakan yang bisa dilakukan, pertama, peluk lutut kamu selama semenit untuk meregangkan tulang belakang. Lalu berdiri tegak dan perut di dorong ke depan. Terakhir, gerakkan kedua tangan ke samping tubuh secara bagian sambil mencoba meraih bagian paling bawah paha tapi tetap berdiri tegak.

Satu lagi, jangan lupa berolahraga. Meski hanya di kost aja, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Banyak latihan yang bisa dilakukan tanpa keluar tempat kost. Dengan berolahraga, tulang dan otot kamu terhindar dari ketegangan yang dapat menimbulkan sakit punggung.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami