Home > Health > 5 Cara Mengatasi Leher Kaku untuk Anak Kost

5 Cara Mengatasi Leher Kaku untuk Anak Kost

5 Cara Mengatasi Leher Kaku untuk Anak Kost

Leher yang kaku atau sakit memang menganggu kenyamanan RoomMies. Namun, jangan sampai hal ini justru menghambat aktivitasmu, ya. Karena ada cara mengatasi leher kaku yang mudah dilakukan, di kost atau kantor.

Leher kaku biasanya disebabkan oleh melemahnya otot dan sendi yang ada di sekitar leher kaku. Hal ini biasanya dipicu oleh postur tubuh yang buruk, stres, terlalu lama bekerja di depan laptop, terlalu lama bermain handphone, dan posisi duduk yang kurang baik saat berkendara. Selain itu leher kaku juga bisa dipicu oleh salah bantal ketika tidur di malam hari.

Cara Mengatasi Leher Kaku

Beberapa cara mengatasi leher kaku yang mudah dilakukan di kost dan di kantor, yaitu:

1. Kompres hangat atau dingin

Melansir dari Healthline, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi leher kaku adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat atau air dingin selama kurang lebih 20 menit. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan membuat sendi atau otot lebih rileks.

Selain itu, RoomMies juga bisa mandi dengan air hangat untuk mengurangi otot yang tegang.

2. Lakukan perenggangan ringan

Walaupun lehermu sedang kaku, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan perenggangan ringan ya RoomMies. Justru perenggangan ringan sangat dibutuhkan untuk membuat meredakan rasa nyeri, kaku, dan mencegahnya leher kaku kembali.

Gerakan perenggangan leher yang bisa RoomMies lakukan di kost atau kantor, yaitu:

  • Putar bahu ke belakang dan kemudian ke depan membentuk lingkaran.
  • Tekan bahu dengan kedua tangan bersama-sama dan tahan posisi selama beberapa detik, lalu ulangi.
  • Perlahan putar kepala dari sisi ke sisi.

Namun, saat melakukan perenggangan tetap hati-hati, jangan sampai kamu justru melakukan perubahan gerakan secara mendadak yang akan membuat lehermu semakin kaku.

Sebelum melakukan perenggangan, RoomMies juga disarankan untuk mengompresnya dengan air dingin atau air hangat terlebih dahulu.

BACA JUGA: Apa Posisi Tidurmu Sudah Benar? Inilah 3 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan Anak Kost

3. Pijat leher yang kaku

Cara lain yang bisa RoomMies lakukan adalah mendapatkan pijatan pada leher yang kaku. Bila perlu, RoomMies bisa memanggil terapis yang profesional untuk memijat leher. Karena terapis profesional lebih paham, otot dan sendi mana yang sedang kaku dan lemah.

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika leher kaku sudah terasa sangat menganggu kenyamanan dan menghambat aktivitas, jangan ragu untuk segera mengonsumsi obat pereda nyeri. Beberapa obat pereda nyeri yang bisa RoomMies konsumsi adalah ibuprofen, acetaminophen, dan sodium naporoxen.

5. Kurangi stres

Menghilangkan stres merupakan cara efektif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi leher kaku. RoomMies bisa mengatasi stres dengan cara yang mudah, misalnya melakukan meditasi, mendengarkan lagu favorit, dan nonton serial netflix.

 

RoomMies leher kaku memang sangat menganggu kenyamanan. Namun, dengan cara mengatasi leher kaku di atas, leher kaku bisa segera teratasi dan kamu bisa beraktivitas seperti biasa.

Artikel Rekomendasi kami