Home > Health > Lagi Diet? Ini 4 Jenis Buah-Buahan yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Lagi Diet? Ini 4 Jenis Buah-Buahan yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Lagi Diet? Ini 4 Jenis Buah-Buahan yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Buah adalah salah satu panganan penting saat kamu hendak menurunkan berat badan. Makanan ini mengalami proses yang sangat minimal bahkan kadang tak perlu lagi diproses sehingga kandungannya tidak rusak. Buah-buahan juga dikenal memiliki kalori rendah dan serat tinggi yang mana sangat membantumu saat diet. Selain itu, memperbanyak konsumsi buah-buahan juga bisa menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung. Eits, tapi jangan sembarangan buah, karena beberapa buah juga mengandung gula yang tinggi. Nah, berikut jenis buah untuk menurunkan berat badan.

Beberapa Jenis Buah yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi saat kamu hendak menurunkan berat badan. Simak ulasannya, ya!

1. Apel yang rendah kaori

Karena rendah kalori, apel adalah buah yang tepat dikonsumsi saat menurunkan berat badan. Dengan 116 kalori dan 5.4 gram serat per 223 gram apel, makanan ini bisa bikin kenyang di waktu yang cukup lama. Rasa kenyang yang cukup lama karena kandungan serat yang tinggi inilah membuatmu mengurangi makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuhmu. Selain rendah kalori, kandungan polifenol pada apel juga bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Cara makan apel yang tepat adalah dimakan langsung, bukan dibuat jus buah. Kamu bisa masukkan apel dengan yoghurt, sereal, salad, atau dimakan langsung dengan selai kacang.

2. Alpukat yang kaya serat

Dalam 100 gram alpukat, mengandung 160 kalori dan membuat buah berwarna hijau ini menjadi buah dengan kalori yang cukup tinggi. Di samping kandungan kalorinya yang tinggi, beberapa penelitian mengatakan bahwa alpukat sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan lemak baik pada alpukat membuat rasa kenyang yang cukup lama dan menurunkan nafsu makan bagi yang mengonsumsinya. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan menghancurkannya kemudian tambahkan madu, menjadi pengganti mentega karena teksturnya yang creamy, dibuat salad, atau dibuat smoothies.

BACA JUGA:

3. Pisang yang punya nilai GI rendah

Beberapa orang yang hendak diet menghindari pisang dalam menunya karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Padahal, selain gula pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti potassium, magnesium, mangan, serat, beberapa jenis antioksidan, vitamin A, B6, dan C. Nilai glikemik indeks yang rendah juga bisa mengontrol tingkat insulin dan baik bagi penderita diabetes.

4. Kiwi untuk menurunkan berat badan

Buah kecil dengan kulit berwarna cokelat di luar dan daging buah berwarna hijau terang ini punya sumber nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis kandungannya adalah vitamin C, vitamin E, folat, dan serat. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kiwi dapat mengontrol gula darah, memperbaiki kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan. Kiwi juga punya angka glikemik indeks yang rendah, lho. Udah manis, enak dimakan langsung, bisa dibuat jus atau dimasukkan ke dalam sereal, dibikin salad, kiwi punya banyak manfaat kesehatan.

 

Artikel Rekomendasi kami