Home > Health > 4 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan yang Mudah Dilakukan

4 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan yang Mudah Dilakukan

4 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan yang Mudah Dilakukan

Tangan RoomMies sering tiba-tiba kesemutan saat bekerja? Hati-hati jangan biarkan hal ini terus terjadi hingga mengganggu kenyamananmu. Ada baiknya kamu segera cari tahu cara mengatasi tangan kesemutan di bawah ini.

Kesemutan pada tangan disebabkan oleh adanya tekanan pada tangan yang menyebabkan adanya kerusakan saraf dan biasanya dipicu oleh kebiasaan terlalu lama mengetik atau bekerja. Kesemutan pada tangan biasanya juga disertai dengan gejala tangan sakit, keram, dan kaku. Namun, Roommies tidak perlu khawatir ya. Karena hal ini normal terjadi dan bisa diatasi dengan beberapa cara mudah.

Kesemutan pada tangan juga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum diderita oleh seseorang yang sehari-hari bekerja di depan komputer dan mengetik. Misalnya penulis, dan bagian administrasi. Gangguan kesehatan ini juga umum dialami oleh seseorang yang terbiasa menggunakan sarung tangan untuk bekerja.

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan

Beberapa cara mengatasi tangan kesemutan yang bisa RoomMies lakukan saat kerja di kost atau di kantor, yaitu:

1. Berikan pijatan pada tangan

Hal pertama yang bisa RoomMies lakukan untuk mengatasi tangan kesemutan adalah dengan memberikan pijatan ringan pada tangan. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan tekanan pada otot. Jika RoomMies menggunakan sarung tangan jangan lupa untuk melepas sarung tangan terlebih dahulu dan sejenak berhenti dari aktivitas yang sedang dilakukan.

Sebelum memberikan pijatan pada tangan pastikan juga tubuh berada dalam keadaan yang rileks dan berada dalam posisi tubuh yang baik ya, misalnya duduk dengan posisi tegak.

Jika jari-jari masih bisa dengan leluasa digerakkan, RoomMies juga bisa melakukan perenggangan pada tangan,

2. Kompres dengan air hangat atau air dingin

Setelah tangan sudah mulai bisa digerakkan dan tidak sekaku sebelumnya. RoomMies disarankan untuk mengompres tangan dengan air hangat selama kurang lebih 5-10 menit. Hal ini bermanfaat untuk membuat otot dan saraf lebih rileks, mengurangi peradangan, dan mencegah tangan kesemutan kembali lagi.

BACA JUGA:

3. Jalan kaki

Cara lain yang bisa RoomMies lakukan adalah dengan jalan kaki. Melansir dari Healthline, jalan kaki bisa bermanfaat untuk membuat aliran darah di tangan lebih lancar. Sehingga kesemutan di tanganpun akan hilang.

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika tangan kesemutan sudah sangat menganggu kenyamanan dan justru sudah menyebabkan tangan menjadi kaku atau sakit, jangan ragu untuk segera mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Seperti paracetamol, iburprofen, dan analgenik.

Namun, sebelum mengonsumsi obat alangkah baiknya RoomMies juga berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Terlebih untuk RoomMies yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Jika RoomMies telah melakukan cara mengatasi tangan kesemutan di atas, namun kesemutan tidak juga hilang dan sering kembali. Jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter ya. Karena mungkin ada gangguan kesehatan lain yang RoomMies alami.

Artikel Rekomendasi kami