Home > Food > 5 Tips Mengupas Buah Nanas yang Tepat Supaya Tidak Menimbulkan Gatal di Mulut

5 Tips Mengupas Buah Nanas yang Tepat Supaya Tidak Menimbulkan Gatal di Mulut

5 Tips Mengupas Buah Nanas yang Tepat Supaya Tidak Menimbulkan Gatal di Mulut

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi dikala cuaca sedang terik-teriknya. Perpaduan rasa asam dan manis serta kandungan airnya yang tinggi membuat buah ini cocok untuk menyegarkan tenggorokan. Ditambah lagi, kandungan vitamin C di buah ini juga sangat tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

Meski segar dan menyehatkan, terkadang beberapa orang merasakan gatal di bibir, lidah, dan tenggorokannya usai mengonsumsi buah eksotis ini. Banyak yang menganggap rasa gatal yang timbul itu disebabkan oleh gejala alergi. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho.

Daging buah nanas mengandung sejenis enzim bernama bromelain yang dapat memecah protein di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan seseorang sering mengeluh gatal bahkan sampai mengalami pembengkakan usai mengonsumsi buah tersebut.

Tapi, tenang, efek gatal ini bisa diminimalisasi dengan teknik mengupas yang tepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Teknik Mengupas Buah Nanas yang TepatĀ 

1. Potong lebih dulu bagian atas dan bawahnya

Memotong mahkota nanas

Sumber: Google

Tidak seperti buah pada umumnya, nanas memiliki kulit luar yang sedikit tebal dengan daun meruncing di atasnya. Hal tersebut tentu membuat cara memotongnya jadi sedikit berbeda.

Jika kamu ingin memotongnya, pertama, siapkan terlebih dulu alat-alatnya, seperti pisau tajam dan talenan. Kemudian, letakkan nanas di atas talenan atau alas lain yang memiliki permukaan datar.

Lalu, hilangkan daun-daun runcing yang ada di atasnya atau mahkotanya. Lanjutkan dengan menghilangkan bagian bawhanya sehingga permukaan atas dan bawah dari buah tersebut jadi datar.

2. Hilangkan kulitnya dengan cara mengirisnya

Mengupas kulitnya

Sumber: Google

Setelah menghilangkan bagian atas dan bawahnya, lanjutkan dengan membuang kulit-kulitnya. Letakkan daging nanas di atas talenan dengan posisi berdiri, kemudian buang kulit luarnya dengan cara mengirisnya.

Lakukan dengan memotongnya dari atas ke bawah. Lanjutkan terus hingga semua kulitnya terbuang dari daging buahnya.

3. Hilangkan bagian matanya

Hilangkan juga bagian mata pada daging nanas. Bintik mata nanas memiliki pola berjajar secara diagonal. Untuk menghilangkan matanya, potonglah membentuk huruf V di sepanjang garis diagonal kontur buah tersebut. Selain mudah, cara potong seperti ini juga membuat daging nanas tidak banyak terbuang dibandingkan bila kamu memotongnya dengan cara mengiris kulit bagian luarnya.

4. Lumuri garam

Lumuri garam

Sumber: Google

Jika daging nanas sudah bersih dari kulit dan matanya, saatnya kamu melumurinya dengan garam. Ambil garam secukupnya dan lumuri ke seluruh daging buah nanas, kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit. Tujuan penggunaan garam ini adalah untuk menutupi enzim bromelain yang menyebabkan rasa gatal di mulut. Bila sudah, cuci daging nanas dengan air mengalir untuk menghilangkan garamnya.

5. Potong jadi bagian-bagian kecil

Potong nanass jadi bagian kecil

Sumber: Google

Usai dilumuri dengan garam, kamu bisa memotongnya jadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Tidak harus dengan potongan tersebut, kamu juga bisa kok memotongnya sesuai selera dan kebutuhan.

Nah, itulah lima tips mengupas nanas agar tidak menimbulkan rasa gatal di mulut dan lidah. Bagaimana mudah untuk dilakukan, bukan?

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami