Home > Food , Health > Sumber Vitamin C Agar Puasa Tidak Lemas

Sumber Vitamin C Agar Puasa Tidak Lemas

Sumber Vitamin C Agar Puasa Tidak Lemas

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, kamu perlu menjaga kesehatan agar tetap bugar dan dapat menjalankan puasa sebulan penuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C. Berpuasa di tengah pandemi Covid-19, vitamin C sangat perlu untuk kamu konsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh serta mencegah tubuh lemas akibat berpuasa seharian.

Vitamin C memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi bukan berarti kamu bisa mengkonsumsinya secara berlebihan. Dalam sehari, orang dewasa disarankan mengkonsumsi vitamin C sekitar 65 hingga 90 milligram per hari. Dan maksimal 2.000 mg per hari hanya saat kamu sedang dalam keadaan sakit.

Sumber vitamin C bukan hanya bisa kamu dapatkan dari suplemen. Ada banyak sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Berikut merupakan daftar makanan yang mengandung vitamin C agar puasa kamu tidak lemas.

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa kamu konsumsi saat sahur atau berbuka. Kandungan vitamin C yang dimiliki jambu biji mengalahkan kandungan vitamin C yang berada di jeruk yang hanya mengandung 88 gram dalam satu buahnya. Dalam satu buah jambu biji, terdapat lebih dari 200 mg vitamin C.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung serat yang dapat mencegah kadar gula darah melonjak akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka. Serat juga dapat membantu untuk memperlancar pencernaan sehingga kamu terhindar dari sembelit yang sering terjadi saat bulan puasa.

2. Brokoli

Dalam 100 mg brokoli terdapat kandungan vitamin C sekitar 89 mg. Brokoli juga mengandung vitamin E, kandungan vitamin E dan C yang dimiliki brokoli dapat membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap sehat dan segar saat berpuasa.

Namun perhatikan waktu saat mengkonsumsi brokoli ya RoomMies. Ada baiknya kamu mengkonsumsi brokoli saat makan malam, karena brokoli bisa menghasilkan gas yang jika kamu konsumsi saat sahur, perut kamu akan terasa kembung seharian. Namun jika ingin tetap mengkonsumsi saat sahur, pastikan brokoli dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kaya akan serat agar terhindari dari perut kembung.

3. Stroberi

Stroberi mengandung 58,8 mg vitamin C dalam 100 gram buah. Buah berwarna merah ini juga mengandung banyak air yang baik dikonsumsi selama puasa agar tubuh tetap terhidrasi. Mengkonsumsi stroberi secara teratur juga dapat menghindari peradangan, menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Mengkonsumsi stroberi saat sahur juga dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak.

BACA JUGA:

4. Pepaya

Buah pepaya merupakan sumber vitamin untuk puasa yang dalam setengah buah pepaya mengandung sekitar 90 – 100 mg vitamin C. Mengkonsumsi buah pepaya di bulan puasa dapat melancarkan pencernaan sehingga menghindari sembelit karena kandungan serat di dalamnya.

Selain serat, pepaya juga mengandung kalium, vitamin A dan vitamin B kompleks yang dapat mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan kulit serta membantu metabolisme tubuh. Mengkonsumsi buah pepaya juga dapat menjaga kesehatan jantung serta mencegah penyakit diabetes.

5. Cabai Merah

Makanan pedas satu ini, dalam 100 g cabai mengandung sekitar 143,7 mg vitamin C. Kandungan vitamin C di cabai merah juga lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam satu buah jeruk. Cabai juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme tubuh.

Namun ingat, kamu harus membatasi konsumsi cabai merah. Karena terlalu banyak mengkonsumsi cabai merah bisa menyebabkan rapuhnya permukaan lambung yang bisa memicu terjadinya maag akut.

Nah diatas merupakan beberapa makanan kaya akan vitamin C yang bisa kamu konsumsi selama bulan ramadhan.

 

Artikel Rekomendasi kami