Home > Food , RoomMe's Event > Nasi Ayam Jahe Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Nasi Ayam Jahe Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Nasi Ayam Jahe Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Nasi merupakan makanan pokok bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dari nasi, kita bisa membuat variasi makanan enak lainnya, mulai dari nasi goreng, nasi uduk, hingga nasi kuning.

Tapi, menyantap olahan nasi seperti yang sudah disebutkan tadi mungkin sudah biasa, apalagi buat kamu yang tinggal di wilayah Jakarta. Namun, bagaimana dengan nasi ayam jahe, mungkin belum banyak di antara kamu yang pernah mencicipinya, bukan?

Berbeda dengan olahan nasi lain, nasi ayam jahe memiliki cita rasa yang lebih khas yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Pasalnya, perpaduan antara nasi, ayam, serta jahe yang dicampurkan menjadi satu mampu melebur dan membuat siapapun yang mencobanya jadi ketagihan.

Tak hanya nikmat, nasi ayam jahe tentunya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini memang tidak terlepas dari penggunaan rempah jahe sebagai bahan campuran dalam olahan tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari mengatasi gangguan pencernaan, mengobati flu, meredakan nyeri perut, mencegah peradangan, menurunkan kadar gula darah, hingga menurunkan kadar kolesterol.

Resep Nasi Ayam Jahe Rice Cooker

Nah buat kamu yang tertarik untuk membuat nasi ayam jahe sendiri di kosan, nggak susah kok. Kamu bisa langsung mempraktekkannya dengan menggunakan rice cooker, berikut contekan resepnya.

Bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 2 cup beras
  • 1 buah dada ayam (potong dadu)
  • 1 buah tahu sutra (potong persegi)
  • 400 ml kaldu ayam
  • 65 ml santan
  • 5 cm jahe (iris tipis)
  • Lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, cuci beras terlebih dahulu dengan menggunakan air mengalir. Cuci beras hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah beras bersih, tiriskan air cuciannya dan pindahkan ke panci rice cooker.
  3. Kemudian, masukkan kaldu ayam, santan, dada ayam, dan juga jahe, aduk hingga rata. Lalu, tambahkan lada secukupnya.
  4. Masukkan panci ke dalam rice cooker, nyalakan dan biarkan hingga matang.
  5. Sambil menunggu, panaskan minyak di atas wajan dan goreng tahu yang sudah disiapkan tadi. Goreng tahu hingga berwarna kekuningan.
  6. Setelah nasi ayam jahe matang, angkat dan sajikan bersama dengan tahu goreng tadi.

Mudah bukan untuk membuatnya? Masih banyak resep unik lain dan simple ala anak kost yang bisa kamu coba. Kamu bisa melihatnya di RoomMe Cooking Clinic yang akan dibagikan di Instagram @roommeid setiap jam 4 sore. Jadi jangan sampai terlewat ya!

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami