Home > Food , RoomMe's Event > Milo Lava Cake Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Milo Lava Cake Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Milo Lava Cake Ala Anak Kost #RoomMeCookingClinic

Chocolate Lava populer sebagai salah satu hidangan penutup yang disukai banyak orang dan sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Dari luar, chocolate lava cake memang terlihat seperti kue cokelat biasa. Tapi saat dipotong, cokelat hangat yang meleleh ke luar memberi sensasi rasa yang sangat lezat. RoomMies bisa menggunakan Milo sebagai pengganti cokelat, atau dikenal dengan Milo Lava Cake.

Milo bukan lagi sekadar bubuk untuk membuat susu. Dengan sedikit kreativitas, bubuk milo kini bisa disulap menjadi berbagai varian kue, nugget, puding, hingga es kepal. Selain cara membuatnya yang praktis dan mudah, aneka hidangan dari milo tersebut juga pas dijadikan dessert yang menggugah selera.

BACA JUGA:

Sejarah Chocolate Lava Cake.

Siapa sangka, di balik kelezatan dan kepopuleran lava cake, ada sejarah perang klaim siapa orang pertama yang membuat kue ini.

Pada tahun 1980-an terdapat dua chef yang mengklaim dirinya sebagai penemu kue ini.. Masing-masing chef mengklaim dengan waktu yang berbeda–rentang enam tahun yaitu 1981 dan 1987.

Chef pertama yang memulai debut lava cake adalah Michel Bras. Chef legendaris asal Perancis ini pada 1981 mengklaim hidangan itu di restoran Laguiole, Perancis untuk pertama kalinya. Bras mengatakan pada Thrillist, ide itu datang kepadanya setelah perjalanan ski bersama anak-anaknya. 

“Saya ingin menerjemahkan kesenangan saya ketika pulang ke rumah dan menemukan cangkir cokelat panas setelah seharian bermain ski,” katanya

Makanan penutup itu ia gagas selama dua tahun dan dipanggang di atas ramekins yang diisi dengan adonan kue cokelat. Pada bagian tengah kue, terdapat bola beku ganache yang terbungkus kue cokelat itu. Pada saat kue dimasak, ganache tersebut akan meleleh, dan akhirnya menghasilkan kue yang hampir matang. Ketika dikeluarkan dari oven, kue ini agak sedikit mengempis.

Selang enam tahun kemudian tepatnya 1987, lava cake menjadi kian viral. Restoran Lafayette memiliki seorang chef bernama Jean-Georges Vongerichten, chef asal New York yang berusia 30 tahun kala itu. 

Dirinya tengah membuat 500 kue cokelat berpegang pada resep ibunya untuk sebuah acara di New York, Amerika Serikat, namun sayangnya Chef asal Prancis itu tidak siap memasak kue cokelat untuk orang sebanyak itu. Mendadak temperatur oven juga menurun dan perhitungan waktu masak kurang.

Pada akhirnya, kue cokelat tetap disajikan kepada para tamu dan ia panik karena menduga tengahnya masih mentah.  Namun di luar dugaan, Mereka justru penasaran bagaimana cara membuat kue cokelat dengan cokelat yang meleleh di bagian dalam. 

Resep Milo Lava Cake Ala Anak Kost

Jika diperhatikan, membuat chocolate lava cake atau molten chocolate cake ini tidak terlalu sulit. Seperti Resep yang dibagikan oleh akun instagram @roommeid dalam RoomMe Cooking Clinic, dengan mengganti coklatnya dengan milo resep ini semakin mudah untuk dicoba oleh anak kost

Bahan-Bahan:

  • 2 Sachet Milo Bubuk
  • 3 Sdm Air Panas
  • 2 Sdm Gula Pasir
  • 3 Sdm Tepung Terigu
  • 1 Butir Telur
  • 3 Sdm Mentega Cair

Cara Membuat:

  1. Masukkan milo bubuk kedalam mangkuk, tuangkan air panas lalu aduk hingga rata
  2. Masukkan telur dan gula, kemudian aduk kembali hingga rata
  3. Jangan lupa masukkan tepung terigu dan margarin cair, lalu aduk kembali hingga semuanya tercampur dengan sempurna
  4. Kemudian siapkan panci kukus, panaskan panci terlebih dahulu
  5. Sambil menunggu, masukkan adonan kedalam cetakan kue. Oleskan mentega kedalam cetakan kue agar tidak lengket
  6. Kukus kue dengan api besar selama 8 menit
  7. Kamu bisa menambahkan milo bubuk atau gula bubuk di atasnya sebagai pelengkap
  8. Viola! Milo lava cake siap disajikan untuk menu berbuka puasa. 

Nah gampangkan membuatnya, untuk lebih jelasnya kamu bisa nonton video lengkapnya di Instagram @roommeid. Masih banyak resep berbuka puasa ala anak kost lainnya yang mudah dan praktis. Resep akan di share setiap jam 4 sore mulai tanggal 11-15 mei 2020.

Selamat Memasak!

 

Artikel Rekomendasi kami