Home > Food > Selain Kaya Nutrisi, 5 Makanan Ini Juga Bisa Cegah Kanker, Lho

Selain Kaya Nutrisi, 5 Makanan Ini Juga Bisa Cegah Kanker, Lho

Selain Kaya Nutrisi, 5 Makanan Ini Juga Bisa Cegah Kanker, Lho

Tak bisa dipungkiri, makanan yang kita konsumsi setiap hari sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker. Kanker sendiri jadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Pasalnya, hingga saat ini, belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit berbahaya itu. Nah, agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kamu dapat mengonsumsi makanan pencegah kanker berikut ini.

Daftar Makanan Pencegah Kanker

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa makanan pencegah kanker yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya tersebut. Apa aja? Yuk, simak langsung di sini.

1. Buah berry

Makanan pencegah kanker - berry

Berbagai jenis buah berry, seperti blueberry, raspberry, dan strawberry, mengandung senyawa anthocyanin yang dapat mencegah beberapa jenis kanker. Mulai dari kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar. Tidak sampai di situ, kandungan polifenol di buah berry juga dapat mencegah pertumbuhan sel tumor.

2. Wortel

Makanan pencegah kanker - wortel

Wortel tak hanya mengandung vitamin A saja, tapi juga nutrisi lain, seperti vitamin K, antioksidan, dan beta-karoten. Beta-karoten yang terkandung dalam wortel diketahui dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker mulut, dan kanker perut. Selain itu, menurut beberapa penelitian, konsumsi wortel juga dapat mencegah munculnya kanker serviks. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam wortel dapat membunuh virus HPV yang jadi penyebab utama kanker serviks.

3. Brokoli

Makanan pencegah kanker - brokoli

Sayuran ini juga terkenal sebagai salah satu makanan pencegah kanker. Hal ini karena brokoli mengandung sulforaphane, yaitu sebuah zat yang memiliki sifat anti-kanker. Zat inilah yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker hingga 75%. Namun, sulforaphane dapat hilang kalau kamu memasak brokoli dengan cara memanggangnya di microwave. Agar zat tersebut tetap terjaga dalam brokoli, sebaiknya kamu mengolah dengan cara menumis atau merebusnya saja.

4. Alpukat

Alpukat

Makanan pencegah kanker lainnya adalah alpukat. Ini karena kandungan antioksidan dalam alpukat dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas di tubuh. Jumlah radikal bebas yang berkurang ini pada gilirannya dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Tidak selesai sampai di situ, antioksidan dan senyawa lain yang ada di alpukat juga dapat membantu mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh. Karena manfaatnya itu, nggak heran kalau alpukat dijuluki sebagai makanan super (superfood).

5. Buah naga

Buah naga

Makanan terakhir yang dapat mencegah kanker adalah buah naga. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga efektif untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Selain itu, buah naga juga kaya kandungan likopen yang mampu untuk mengurangi risiko kanker prostat. Meski manfaat buah naga bisa sebagai pencegah kanker, tapi kamu tetap harus mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti memerhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi dan berolahraga secara rutin.

Itu dia lima makanan pencegah kanker yang dapat kamu konsumsi. Yuk, mulai mengonsumsi makanan-makanan di atas agar kamu tak mudah untuk terkena penyakit berbahaya itu.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami