Home > Food > Kenali Berbagai Jenis Kurma Sebagai Teman Berbuka Anak Kost

Kenali Berbagai Jenis Kurma Sebagai Teman Berbuka Anak Kost

Kenali Berbagai Jenis Kurma Sebagai Teman Berbuka Anak Kost

Identik dengan Bulan Ramadhan, kurma biasa menjadi teman berbuka puasa. Makan tiga butir kurma dan minum segelas air putih merupakan sunnah dicontohkan Nabi Muhammad dalam berbuka puasa. Bentuk dan teksturnya yang mirip, seringkali membuat kita tidak peduli akan jenis kurma yang sebenarnya memiliki banyak macam.

Dilansir dari laman Food and Agriculture Organization (FAO), setidaknya terdapat 3.000 jenis kurma di dunia, namun hanya sekitar 200-400 varietas kurma yang diperdagangkan dan bisa dimakan.

Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis kurma yang populer untuk menjadi teman berbuka. Berikut 5 Jenis kurma yang sering menjadi teman berbuka puasa sekaligus menjalankan sunah Nabi Muhammad

1. Kurma Medjool

Dijuluki ‘Raja Kurma’ karena bentuknya yang besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Ukurannya bisa mencapai 10-15 cm. Rasanya sudah tentu lezat apalagi ada aroma harum manis yang sangat khas.

Selain itu kurma Medjool juga dapat bermanfaat bagi tubuh lho! Bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengatur tekanan darah, meningkatkan imunitas tubuh, hingga mengurangi kolesterol. Tak heran jika jenis kurma ini banyak digemari dan sangat populer di Indonesia.

2. Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

jenis kurma

Berwarna coklat pekat bahkan cenderung hitam, Kurma Ajwa atau biasa dikenal dengan kurma Nabi merupakan kurma yang paling digemari oleh Rasulullah (Nabi Muhammad SAW). Buah Ini hanya tumbuh di Madinah, Arab Saudi.

Tekstur dari kurma ini sangat lembut. Rasanya tidak terlalu manis sedikit mirip dengan kismis. Didalamnya terkandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh, diantaranya protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin, serta mineral.

Karena kandungan nutrisi pentingnya yang banyak, kurma Ajwa pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bisa digunakan untuk menyehatkan jantung, tekanan darah, hingga otak. Oh ya, harga untuk kurma Ajwa ini dikenal sebagai kurma yang paling mahal lho!

3. Kurma Sukkari

jenis kurma

Jenis yang banyak dicari dan populer di Indonesia selanjutnya adalah Kurma Sukkari, buah yang banyak ditanam dan dibudidayakan di Mekkah, Arab Saudi ini sering disebut sebagai ‘Ratu Kurma’ karena harganya yang terbilang mahal.

Banyak Raja Arab yang menyukai Kurma Sukkari. Mereka menyukai kurma Sukkari dengan tekstur yang basah. Kurma Sukkari yang basah ini akan memberikan tekstur yang sangat lembut dan lumer di mulut.

Warna dari kurma ini juga lebih terang dari kurma lainnya. Bentuknya besar dan cenderung pendek.

4. Kurma Khalas

Kurma Khalas merupakan salah satu jenis kurma yang sering disebut sebagai superfood karena memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Bahkan di Timur Tengah dan Afrika, kurma Khalas dikonsumsi sehari-hari. Kurma ini juga disebut sebagai jenis kurma yang rasanya paling nikmat.

Ukuran kurma ini tidak terlalu besar. Warnanya cokelat kemerahan dan bertekstur sangat lembut. Rasanya sangat manis mirip dengan karamel yang lumer di mulut dan sedikit lengket jika dipegang.

Kurma Khalas dapat digunakan sebagai buah yang dapat mengontrol kolesterol jahat. Selain itu bisa juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Terdapat juga kandungan zat besi yang dapat digunakan untuk melawan darah rendah.

5. Kurma Bam

jenis kurma

Satu lagi jenis kurma yang banyak dicari dan populer di Indonesia yaitu kurma Bam. Kurma Bam biasa juga disebut dengan kurma madu atau kurma anggur. Kurma ini banyak tumbuh di Iran dan banyak juga yang menyebutnya dengan kurma Iran.

Banyak masyarakat Iran mengkonsumsi kurma Bam dalam keadaan yang masih segar. Sekilas kurma Bam mirip dengan kurma Ajwa hanya saja teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih manis. Bentuknya juga lebih besar dari kurma Ajwa.

Kurma Bam juga memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti serat, lemak baik, hingga mineral. Diantaranya bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, meningkatkan imunitas tubuh, dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Artikel Rekomendasi kami