Home > Food , RoomMe's Event > Aneka Kolak yang Sering Diburu untuk Takjil Berbuka Puasa

Aneka Kolak yang Sering Diburu untuk Takjil Berbuka Puasa

Aneka Kolak yang Sering Diburu untuk Takjil Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, makanan yang enak untuk dinikmati adalah yang manis dan berkuah. Contohnya saja adalah kolak. Ada aneka kolak nusantara yang bisa kamu cicipi sebagai takjil berbuka, mulai dari kolak pisang hingga biji salak

Makanan satu ini memang sangat digemari sebagai menu berbuka, hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, perpaduan citarasa yang unik dari kolak, seperti manis, legit, dan gurih yang membuatnya digemari oleh masyarakat. Tak heran jika sampai saat ini, kolak masih menjadi takjil favorit mayoritas masyarakat Indonesia untuk berbuka. Berikut aneka kolak yang umum dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

1. Kolak pisang

Bisa dibilang, ini merupakan jenis kolak yang masih menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Bagaimana tidak, rasa pisang yang manis dan asam sangat pas dipadukan dengan gula merah cair serta santan. Terlebih jika takjil satu ini disajikan dalam keadaan dingin, pastinya akan membuat kamu semakin ketagihan.

2. Kolak ubi

Selain pisang, nyatanya ubi juga bisa dijadikan bahan dasar dalam membuatĀ  kolak, lho. Ubi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, dimasak dengan gula merah, air, santan dan garam. Rasa ubi yang manis dan lembut bisa membuat kamu kembali berenergi setelah lelah berpuasa seharian.

3. Kolak labu

Bila kamu tidak menyukai kolak yang terlalu manis, maka cobalah varian kolak satu ini. Cara membuatnya sebenarnya sama saja dengan membuat kolak ubi. Hanya saja, karena rasa labu yang cenderung tawar, jadi rasa manisnya tidak terlalu dominan seperti kolak ubi.

4. Kolak kolang kaling

Tahukah kamu, jika kolang-kaling juga nikmat untuk dijadikan campuran dalam membuat takjil satu ini. Tekstur kolang kaling yang kenyal dan lembut sangat pas dipadukan dengan gula merah cair dan juga santan. Apalagi jika kolak kolang kaling disajikan dalam keadaan dingin, pastinya akan membuat kamu semakin ketagihan saat menyantapnya.

5. Kolak candil ketan

Varian lain yang bisa kamu coba adalah kolak candil ketan. Takjil jenis ini terbuat dari adonan tepung ketan dan air yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu dimasak bersama dengan larutan gula merah. Supaya lebih nikmat, siram dengan kuah santan sebelum disajikan. Tekstur candil ketan yang kental sekaligus empuk dijamin membuat kamu ketagihan.

6. Biji salak

Meski terdengar aneh, namun kolak biji salak benar-benar ada, lho. Jangan kamu bayangkan biji buah salak yang keras itu ya, karena sebenarnya takjil jenis ini terbuat dari campuran ubi jalar dan juga tepung sagu.

Dinamakan biji salah karena penampakan bulatan-bulatan ubi tersebut sekilas mirip dengan biji buah salak. Kolak biji salak memiliki rasa manis, legit,dan gurih sehingga cocok dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Itulah aneka kolak yang sering dijadikan sebagai menu takjil saat bulan puasa tiba. Nah, buat kamu yang sedang mencari inspirasi takjil untuk menu buka puasa, bisa banget nih menyaksikan RoomMe Cooking Clinic yang akan diadakan pada 11-17 Mei 2020.

Di acara tersebut akan dipraktekkan cara membuat sajian menu berbuka, mulai dari takjil hingga makanan berat yang pastinya simple banget ala anak kost. Selain bisa menyaksikan, kamu juga ikut memasak bersama lho. Enak bukan? Yuk catat tanggal RoomMe Cooking Clinic biar nggak terlewat.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami