Home > Food > 5 Makanan Khas Bekasi yang Perlu Kamu Coba

5 Makanan Khas Bekasi yang Perlu Kamu Coba

5 Makanan Khas Bekasi yang Perlu Kamu Coba

Setiap daerah pasti memiliki makanan dan minuman khasnya masing-masing. Tak terkecuali Bekasi, wilayah yang disebut sebagai Kota Satelit Jakarta. Bekasi ternyata memiliki makanan dan minuman yang unik serta menggugah selera. Yuk, cari tahu makanan khas Bekasi di bawah ini.

Wilayah Bekasi berbatasan langsung dengan Jakarta. Konon, di masa lalu, wilayah Bekasi dan Jakarta menjadi satu daerah. Karena itu, kamu akan menemukan beberapa makanan dan minuman khas Bekasi yang juga serupa dengan makanan dan minuman Betawi.

Makanan Khas Bekasi dan Minuman

Bebeberapa makanan dan minuman khas Bekasi yang menggugah selera dan perlu RoomMies coba, adalah:

1. Kue Duit

makanan khas bekasi duit

Suber: Gotravelly

Nama pengganan ini memang unik dan bukan terbuat dari uang logam atau kertas, ya. Kue Duit merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng dalam minyak panas. Kue ini memiliki rasa manis dan gurih ini dan cocok banget  jadi teman minum teh atau kopi sebagai camilan sore di kost.

2. Kue Dongkal

Kue dongkal

Sumber: Akurat

Kue dongkal merupakan makanan khas Bekasi yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan gula pasir. Makan pengganan ini dijamin membuat kamu kenyang dalam waktu lama.

3. Sop Janda (Jawa-Sunda)

Udah tau belum RoomMies, ini makanan khas Bekasi

Sumber: Java Travel

Bekasi merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Karena itu, makanan khas Bekasi ada pula yang mendapatkan pengaruh dari daerah Jawa dan Sunda, misalnya Sop Janda. Sop ini terbuat dari daging dan tulang sapi. Uniknya, resep Sop Janda dilengkapi dengan cabai hijau dalam setiap sajiannya. Hal inilah yang semakin menambah kenikmatan Sop Janda dengan rasa pedas dan gurih.

4. Bir Pletok

Udah tau belum RoomMies, ini makanan khas Bekasi

Sumber: Herstory

Tidak salah, Roommies, minuman ini memang minuman khas Bekasi dan memiliki kemiripan dengan kuliner khas Betawi. Di Bekasi, kamu juga bisa menjumpai Bir Pletok. Meski disebut ‘bir’, minuman ini tidak mengandung alkohol dan tidak memabukkan.

Bir Pletok terbuat dari rempah-rempah jahe, kayu manis, serai, kapulaga, cengkeh, kayu secang, dan daun pandan yang direbus. Bir Pletok diyakini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti masuk angin, pegal-pegal, serta melancarkan peredaran darah.

Jadi, cocok banget, nih, diminum saat kedinginan di kost. Bir pletok juga bisa dengan mudah didapatkan di e-commerce atau toko online.

Ternyata makanan dan minuman khas Bekasi unik dan menggunggah selera, kan. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba yang mana ,RoomMies?

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami