Home > Fashion & Beauty > Tetap Tampil Menarik, Ini Tips Make Up Ketika Memakai Masker Penutup Wajah

Tetap Tampil Menarik, Ini Tips Make Up Ketika Memakai Masker Penutup Wajah

Tetap Tampil Menarik, Ini Tips Make Up Ketika Memakai Masker Penutup Wajah

Menggunakan masker saat ini sudah menjadi keharusan sebagai salah satu cara mencegah penyebaran penyebaran penyakit COVID-19. Namun, meski wajah sebagian besar tertutup masker, bukan berarti kamu tidak bisa tampil lebih menarik. Ada tips make up tertentu supaya fungsi masker tidak terganggu dengan dandanan kamu.

Di tengah kondisi yang sedang digadang-gadang sebagai the new normal (kenormalan baru), memakai masker menjadi keharusan ketika beraktivitas di luar rumah. Termasuk, bagi pengguna make up, dapat beradaptasi menggunakan make up saat pakai masker.

Dilansir dari Real Simpel, para make up artist terkemuka, yaitu Kelli J. Bartlet (Glamsquad Artistic Makeup Director), Helen Phillips (Sephora Collection National Artist), dan Kelsey Deenihan (LORAC Artistry Advisor) memberikan tips make up saat beraktivitas sambil mengenakan masker.

1. Selalu menggunakan pelembap

Penggunaan masker dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama karena gesekan antara masker dan kulit. Untuk mencegahnya, gunakan pelembap yang memberikan kelembapan pada saat akan mulai mengenakan make up.

Pelembap akan jadi pembatas antara kulit dan masker. Batasan tadi akan membuat kulit lebih lembap dan licin sehingga menghindarkan luka karena gesekan tadi.

 

2. Pakai foundation yang ringan dan tahan lama

Memakai foundation sambil mengenakan masker mungkin kurang nyaman karena alas bedak mudah menempel pada masker. Tapi, tanpa foundation, make up terasa kurang sempurna. Karena itu, disarankan memakai foundation tipis-tipis saja. Selain itu, sebaiknya pakai yang waterproof atau long wear (tahan lama) sehingga tidak mudah menempel.

Jika ingin menggunakan concealer, aplikasikan pada bagian wajah yang terlihat saja—dan perlu ditutupi. Misalnya, pada bagian bawah mata yang kulitnya lebih gelap daripada sekitarnya.

 

3 Gunakan juga primer dan setting powder

Primer make up dan setting powder berfungsi untuk mengunci alas bedak yang kamu kenakan supaya tidak menempel pada masker. Foundation tadi akan terkunci sepanjang hari.

Lebih baik lagi memiliki primer yang bersifat matte, supaya riasan wajah tidak luntur. Kemudian, tambahkan “kunci” setelah mengenakan foundation dengan mengaplikasikan loose powder.

 

4. Tonjolkan bagian mata

Oleh karena yang terlihat saat memakai masker hanya mata, coba tekankan riasan pada bagian mata. Gunakan eyeshadow yang berjenis shimmer yang mudah diaplikasikan. Mata akan tapak lebih bercahaya karena shimmer menangkap banyak cahaya. Efeknya, mampu menarik perhatian orang pada daerah mata.

Atau, bisa memakai eyeshadow biasa, tapi tambahkan eyeshadow pada bagian bawah mata. Cara ini membuat mata tampak lebih terbuka. Kemudian, bubuhkan juga highlight pada ujung mata untuk menambah cahaya pada mata.

 

5. Alis rapi

Tips make up berikutnya adalah jangan abaikan alis kamu. Walaupun wajah kamu setengahnya tertutup, alis yang tidak rapi tetap dapat menarik perhatian orang. Selalu sediakan waktu untuk merapikan alis supaya tampilannya lebih cantik.

Alis yang tertata atau terlukis rapi membuat pemakai masker terlihat lebih menarik meski tidak memakai banyak make up.

 

6. Jepit bulu mata dan kenakan maskara

Tidak perlu memakai eyeliner supaya mata lebih menonjol. Justru, supaya mata tampak bercahaya sewaktu pakai masker, aplikasikan maskara pada bulu mata kamu. Jepit dulu bulu mata sehingga lebih terangkat, baru pakai maskara.

Oleskan maskara beberapa kali sehingga tampak lebih tebal. Lebih baik lagi pakai maskara warna hitam. Pulasan maskara awalnya harus dilakukan dari pangkal bulu mata sehingga mata tampak lebih terbuka. Untuk lapisan maskara selanjutnya, oleska mulai dari tengah saja.

 

7. Pakai lip balm saja

Untuk sementara, istirahatkan dulu lipstik kamu dan pakai lip balm supaya bibir tetap lembap. Menurut ahli dermatologi asal New York, Marnie Nussbaum, MD, gesekan antara masker dan kulit membuat kulit menjadi sangat kering dan rentan teriritasi.

Akhirnya, kamu bakal sering menjilat bibir dengan lidah supaya tidak kering. Namun, cara ini akan hanya akan merusak lapisan epidermis pelindung kulit bibir. Pakai lip blam yang mengandung humectant (pengisi celah kulit supaya lebih lembab) dan zat oklusif (pengunci kadar air di kulit), seperti shea butter atau petroleum jelly, yang dapat menciptakan lapisan pelindung guna mencegah kekeringan ada bibir.

 

BACA JUGA: 

Artikel Rekomendasi kami