Home > Fashion & Beauty > Pria Berkepala Botak, Jangan Lupakan 5 Perawatan Ini, Ya!

Pria Berkepala Botak, Jangan Lupakan 5 Perawatan Ini, Ya!

Pria Berkepala Botak, Jangan Lupakan 5 Perawatan Ini, Ya!

Banyak pria mengira kepala plontos alias botak tidak memerlukan perawatan ekstra layaknya model rambut lainnya. Anggapan tersebut nyatanya tak benar adanya. Walau tak memiliki rambut, tapi kulit kepala juga tetap perlu mendapatkan perawatan. Jika malas merawatnya, bukan tak mungkin kulit kepala bisa mengelupas atau bahkan bersisik. Maka dari itu, perlu perawatan ekstra agar kepala plontos tidak mengalami kedua hal tadi.

Cara Merawa Kepala Botak

Bila kamu memiliki kepala plontos, berikut perawatan yang mesti kamu lakukan? Apa aja, yuk cek di bawah ini.

1. Rutin keramas

Siapa bilang pemilik kepala plontos tak perlu keramas terlalu sering? Sebaliknya, hal ini justru wajib untuk kamu lakukan secara berkala, lho. Keramas dengan menggunakan sampo berguna untuk menghilangkan minyak, debu, dan kotoran lainnya yang menempel di kulit kepala.

Saat berkeramas, beri pijatan kecil di kepala. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran darah dan sebagai upaya untuk merelaksasi. Hal lain yang tak kalah penting, pastikan kamu memilih sampo yang mengandung detergen minimal.

2. Rajin bercukur

Merawat kepala botak - rajin bercukur

Tak hanya model rambut biasa saja yang harus rajin bercukur, pemilik kepala botak pun juga harus melakukannya. Alasan utamanya adalah untuk menjaga ‘estetika’ dari kepala botakmu itu. Apalagi, rambut kepala pria memiliki pertumbuhan yang cepat bila dibandingkan dengan wanita. Itu sebabnya, agar kepala plontosmu tetap terlihat indah, kamu tetap harus rutin bercukur minimal 2 sampai 3 hari sekali.

3. Pakai aftershave balm

Bila selesai mencukur, ada baiknya kamu langsung menggunakan aftershave balm ke kulit kepala. Dengan menggunakan produk ini, kulit kepala kamu tidak akan kering usai mencukur. Tidak hanya itu, aftershave balm juga dapat mencegah munculnya luka, jerawat, dan ruam. Jadi, bila ingin kulit kepala kamu tak ingin kering dan mengalami hal-hal tersebut, coba pakai produk aftershave balm ini.

4. Lindungi kepala dari paparan sinar matahari

Merawat kepala botak - lindungi dari paparan sinar matahari

Perawatan lain yang tidak kalah penting adalah dengan melindungi kepala botak dari paparan sinar matahari. Bila bepergian keluar kamar kost, sebaiknya gunakan penutup kepala, seperti topi, payung, atau penutup kepala lainnya. Apabila tak nyaman menggunakan penutup kepala, kamu dapat menyemprotkan sunblock spray agar kulit kepala tetap terlindungi dari paparan sinar matahari. Pastikan kamu menggunakan sunblock spray yang memiliki SPF 50.

5. Usahakan kepala tetap terhidrasi

Supaya tetap sehat dan lembab, kepala plontos kamu harus tetap terhidrasi dengan baik. Apalagi, buat kamu yang sering berlama-lama di ruangan ber-AC, sudah semestinya menghidrasi kulit kepala dengan baik. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghidrasi kulit kepala, di antara mengaplikasikan minyak almond atau zaitun, seminggu sekali sebelum mulai keramas. Cara lainnya adalah dengan memperbanyak asupan air putih setiap harinya.

Itu dia lima cara merawat kepala plontos yang mesti kamu tahu. Walaupun tidak ada rambut, tapi kepala plontos tetap membutuhkan perawatan ekstra agar kulit kepala tetap sehat dan terlihat ‘estetik’.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami