Home > Fashion & Beauty > 5 Peralatan Make Up Yang Wajib Dimiliki Pemula

5 Peralatan Make Up Yang Wajib Dimiliki Pemula

5 Peralatan Make Up Yang Wajib Dimiliki Pemula

Bagi wanita dewasa, make up adalah salah satu cara untuk tampil cantik di depan umum. Akan tetapi tidak banyak wanita yang mahir merias wajah. Beruntung saat ini sudah banyak beauty vlogger yang menghadirkan tutorial make up untuk pemula. Biasanya untuk para pemula, make up yang wajib ada seperti primer, foundation, bedak, blush on, dan lain sebagainya. Selain produk make up, kamu sebagai pemula juga harus memiliki peralatan make up.

Peralatan make up sendiri berguna untuk membantu kamu saat mengaplikasikan make up ke wajah. Tetapi banyak pemula yang tidak tau dan bingung mengenai fungsi-fungsi dari alat make up itu sendiri. Seperti bingung membedakan brush untuk blush dan bedak.

Peralatan Make Up Yang Wajib Dimiliki Pemula

Jika kamu termasuk pemula yang bingung mengenai peralatan make up apa saja yang harus kamu miliki dan apa saja fungsinya. Berikut beberapa daftarnya yang bisa kamu catat.

1. Spons Beauty Blender

Source: Fustany

Peralatan make up pertama yang wajib kamu punya ialah beauty blenderBeauty blender memiliki bentuk lonjong seperti telur yang terbuat dari spons dan digunakan untuk mengaplikasikan liquid make up seperti foundation dan concelear pada wajah. Karena berbentuk spons, maka partikel air dapat dengan mudah menempel sehingga kamu bisa mengurangi takaran foundation. Dengan menggunakan beauty blenderfoundation dapat terbaur dengan sempurna pada wajah. Berbeda jika kamu mengaplikasikan foundation dengan brush atau tangan.

Selain itu, beauty blender juga dapat kamu gunakan untuk mengoreksi blush on yang terlalu tebal, dengan cara menggunakan sedikit foundation dan menepuk-nepuk bagian yang mau kamu koreksi.

2. Eyeliner

peralatan make up eyeliner

Source: Saubhaya Make Up

Jika kamu tidak percaya diri dengan mata yang kecil, maka kamu wajib memiliki eyelinier. Eyeliner berfungsi untuk mempertegas garis mata sekaligus membuat wajah terlihat lebih segar terutama bagi kamu yang memiliki mata panda. Penggunaan eyeliner wajib bagi kamu yang ingin merias wajah dengan tema bold seperti saat ingin ke pesta.

Ada 6 jenis eyeliner yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Mulai dari eyeliner pensil, liquid, gel, liquid pencil eyeliner, cake dan retractable. Bagi pemula yang belum mahir menggunakan eyeliner, ada baiknya kamu memilih eyeliner pensil atau retractable agar tidak berantakan saat mengaplikasikannya.

BACA JUGA:

3. Maskara

peralatan make up maskara

Source: Pexels

Peralatan make up untuk mata selanjutnya yang harus kamu miliki ialah maskara. Dengan menggunakan maskara, tampilan mata kamu terlihat lebih lentik, panjang dan bervolume. Ada banyak jenis maskara yang bisa kamu pilih, namun usahakan untuk memilih maskara yang waterproof dan membuat bulu mata lebih bervolume.

Bukan hanya jenis maskara saja yang harus kamu perhatikan, melainkan jenis sikatnya juga. Jenis sikat maskara yang saat ini banyak beredar. Pertama dengan bentuk bulu sikat melengkung yang membuat bulu mata terangkat, lebih tebal dan lentik. Kedua dengan bentuk besar atau jumbo comb yang memberikan efek tebal dan bervolume. Dan terakhir dengan bentuk kerucut, yang dapat membantu kamu menjangkau hingga ke bagian luar bulu mata agar maskara dapat teraplikasikan secara merata.

4. Brush

peralatan make up brush

Source: Pexels

Peralatan make up satu ini cukup membuat banyak pemula pusing karena memiliki banyak jenis. Tapi tenang, tidak semua jenis brush harus kamu miliki kok. Beberapa jenis brush yang harus kamu miliki antara lain:

  • Powder brush, untuk mengaplikasikan bedak tabur secara merata.
  • Eyeshadow brush memiliki dua bentuk. Bentuk pipih (fluff brush) untuk bagian kelopak mata dan bentuk tebal (blending brush) untuk membuat gradasi eyeshadow tercampur rata.
  • Blush brush, untuk membantu agar rona blush on dapat terlihat secara sempurna.
  • Fan brush, memiliki bentuk kipas yang membantu kamu mengaplikasikan highlighter pada area tulang pipi dan rahang.
  • Concealer brush, dengan bentuk agak pipih untuk membantu kamu mengaplikasikan concealer secara sempurna pada noda hitam, bagian hidung dan bawah mata.

Saat membeli brush, kamu juga harus teliti ya RoomMies. Karena banyak brush murah namun memiliki kualitas jelek, seperti bulu yang mudah rontok. Pilihlah brush yang memiliki bulu halus seperti brush dengan bahan bulu sintetik.

5. Penjepit Bulu Mata

penjepit bulu mata

Source: Funtasny

Selain maskara, penjepit bulu mata juga wajib kamu miliki jika ingin membuat tampilan bulu mata semakin lentik. Penjepit bulu mata digunakan sebelum mengaplikasikan maskara, eyeliner dan eye shadow. Dan hanya digunakan untuk bulu mata bagian atas. Saat ingin membelinya, pilihlah penjepit yang sesuai dengan bentuk mata kamu. Selain itu, pilih yang memiliki karet bantalan yang padat untuk hasil maksimal. Dan jangan lupa untuk menggantinya disaat kepadatan karet sudah mulai berkurang.

Sebelum membeli peralatan make up, pastikan semua yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar kamu gunakan. Semoga bermanfaat RoomMies.

Artikel Rekomendasi kami