Home > Fashion & Beauty > 5 Model Rambut Cepak yang Wajib Pria Coba, Dijamin Antiribet!

5 Model Rambut Cepak yang Wajib Pria Coba, Dijamin Antiribet!

5 Model Rambut Cepak yang Wajib Pria Coba, Dijamin Antiribet!

Model rambut cepak memang selalu identik dengan gaya militer dan tentara. Meski begitu, potongan rambut yang super simple ini ternyata cocok, lho, untuk para pria yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Selain simple, model rambut seperti ini juga nggak memerlukan perawatan khusus dan tidak membuat sampo cepat habis. Asiknya lagi, potongan rambut ini cocok untuk semua tipe rambut, mulai dari lurus hingga keriting sekalipun.

Inspirasi Model Rambut Cepak Pria

Nah, buat kamu yang berencana mencukur dengan model rambut cepak, berikut beberapa inspirasinya.

1. Undercut

Undercut

Sumber: Pinterest.com

Ini merupakan salah satu model rambut yang tak pernah gagal membuat penampilan terlihat keren. Undercut sebenarnya teknik memotong rambut yang digunakan untuk memberi dimensi tipis pada samping kepala. Bagian bawah rambut dicukur pendek, sementara bagian atas dibiarkan tetap tebal. Itu sebabnya, undercut bisa diaplikasi pada banyak model rambut, termasuk pada gaya rambut pria cepak.

Gaya cukuran undercut untuk rambut cepak juga memiliki banyak variasi, misalnya saja fade bald pada sisi rambut. Atau, low fade, alias rambut bagian bawah yang tipiskan, sementara panjang rambut bagian atas bisa disesuaikan.

2. Burr cut

Burr cut

Sumber: Harptimes.com

Burr cut dikenal juga dengan nama jarhead. Gaya rambut cepat ini sangat umum dalam dunia militer. Gayanya dapat dicirikan dari panjang keseluruhan rambutnya yang seragam. Teksturnya yang pendek bisa membuat rambut kamu terasa empuk ketika disentuh. Di Indonesia, gaya rambut seperti ini sering disebut berdasarkan panjang rambutnya, misalnya saja satu atau dua sentimeter, dan seterusnya.

3. Buzz cut

Buzz cut

Sumber: Allthingshair.com

Istilah gaya cepak buzz cut diambil dari teknik mencukur rambutnya, yaitu dengan memotong habis seluruh bagian rambut dan hanya menyisakan satu hingga dua sentimeter saja. Biasanya, tukang cukur tidak akan menggunakan attachment pada clipper sehingga hasilnya akan sangat pendek.

Model rambut cepak seperti ini memiliki perawatan yang sangat mudah. Namun, kamu tetap harus hati-hati saat keluar ruangan pada sinar hari. Sebab, sinar matahari bisa terasa sangat panas menyengat kulit kepala. Jadi, pastikan kamu mengenakan topi untuk menghalau paparan sinar matahari yang menyengat.

4. Crew cut

Crew cut

Sumber: Menshairstyletrends.com

Model rambut cepak selanjutnya adalah Crew cut. Crew cut merupakan model rambut yang populer sejak abad ke-18 dan sangat populer karena kepraktisannya. Terdapat dua jenis crew cut, yaitu versi Eropa dan Amerika. Untuk versi Eropa, terkenal dengan keseragaman panjang rambut di seluruh bagian kepala, yaitu tidak melebihi 1,5 sentimeter.

Sedangkan untuk versi Amerika, rambut bagian samping dan belakang dibuat lebih tipis, sementara bagian atasnya dibiarkan panjang sekitar dua sentimeter. Untuk kamu yang memiliki rambut ikal akan sangat cocok dengan model rambut cepak ini. Potongannya akan membuat volume rambut jadi tampak pas.

5. Pompadour military

Pompadour military

Sumber: Haircutinspiration.com

Pompadour military jadi model rambut cepak terakhir yang wajib dicoba. Potongan rambut ini menjadi favorit bagi pria karena bisa menampilkan kesan rapi, klasik, dan elegan. Tidak hanya itu, potongan rambut ini juga sangat mudah untuk ditata.

Kamu cukup menggunakan pomade atau minyak rambut, kemudian sisir bagian atas rambut yang masih panjang, entah itu ke belakang atau ke samping. Jika ingin terlihat lebih maskulin, kamu bisa mengombinasikannya dengan brewok tebal yang menyambung dengan jambang.

Itulah lima model rambut cepak yang cocok untuk kamu yang ingin tampil rapi dan antiribet. Dari kelimanya, apakah kamu sudah menemukan model rambut yang cocok?

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami