Home > Fashion & Beauty > Cara Tepat Menyimpan Koleksi Make Up Bagi Pemula

Cara Tepat Menyimpan Koleksi Make Up Bagi Pemula

Cara Tepat Menyimpan Koleksi Make Up Bagi Pemula

Koleksi make up adalah hal yang sangat berharga bagi sebagian wanita. Apalagi jika itu sudah lama diidamkan ataupun berharga mahal. Namun, masih banyak orang yang belum memahami cara menyimpan dengan benar.

Tak hanya bagi para beauty enthusiast yang sudah mahir, para pemula yang tertarik dalam urusan make up pun perlu tahu bagaimana cara yang baik dalam menyimpan koleksi make up. Keduanya tidak bisa sekedar ditumpuk di sudut kamar sekenanya. Keduanya harus disimpan dengan cara penyimpanan yang baik dan harus dirawat.

Cara Menyimpan Make Up yang Benar

Tujuannya, tentu saja agar tetap awet serta dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Selain faktor masa pemakaian, para pemula juga perlu mengetahui cara menyimpan koleksi make up secara terorganisir. Dengan begitu, produk pun akan jadi lebih mudah ditemukan saat kamu mencarinya. Lantas, bagaimana tipsnya?

1. Gunakan acrylic organizer

Menyimpan dalam rak akrilik akan membuat koleksi make up jadi tertata lebih rapi. Pencariannya pun akan terasa jauh lebih mudah dengan rak akrilik karena benda ini memiliki warna transparan.

Biasanya, rak akrilik datang dalam bentuk susunan yang bisa ditata sesuai keinginan para pemakainya. Namun, tidak semua rak akrilik bisa dibongkar pasang.

Selain itu, kamu yang memiliki preferensi tertentu juga bisa membuat rak akrilik sesuai keinginan dengan cara melakukan pre-order di beberapa online shop atau toko mebel.

2. Susun produk kecantikan pada laci bersekat

koleksi make up

Sumber: Pinterest

Bagi si perfeksionis, mereka mungkin akan lebih menyukai laci bersekat untuk menyimpan produk-produk kecantikan. Dengan adanya sekat, tampilannya jadi terlihat lebih tertata rapi.

Selain itu, laci bersekat juga memudahkan kamu dalam menemukan suatu produk tanpa harus menggeledah isi laci dan mengeluarkan koleksi produk kecantikan satu per satu.

Carla Snuggs, beauty dan lifestyle blogger dari Posh Beauty Blog mengaku sangat senang menggunakan make up organizer yang memiliki sekat karena dapat memudahkannya dalam mengatur koleksi make up.

3. Letakkan produk yang rutin digunakan di urutan terdepan

Dari sekian banyak produk kecantikan yang dimiliki, umumnya hanya segelintir yang kerap dipakai setiap harinya. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan produk yang biasa kamu pakai pada rak teratas bagian depan.

Dengan begitu, produk akan jadi lebih mudah dijangkau, sehingga Anda tak perlu membuang banyak waktu untuk mencari-cari di mana keberadaan produk tersebut.

BACA JUGA:

4. Singkirkan produk yang sudah tidak terpakai

Mengoleksi make up memang hal yang menyenangkan, terlebih jika kamu gemar berdandan. Tiap ada produk baru, rasanya ‘gatal’ jika tidak membelinya. Kemunculan produk-produk make up baru tak jarang membuat sebagian dari kamu bosan dengan koleksi make up yang lama.

Alhasil, koleksi make up yang lama menumpuk begitu saja di rak. Agar tidak mubazir, sortir produk yang sudah jarang atau sama sekali tidak kamu pakai.

Jika kondisinya sudah kedaluwarsa, segera buang produk tersebut. Namun, jika masih dapat digunakan, kamu bisa menghibahkannya pada teman atau saudara. Jadi, lebih bermanfaat ketimbang membiarkannya menumpuk penuh debu di rak, kan?

5. Simpan produk secara vertikal

koleksi make up

Sumber: Allure

Jika kamu memiliki kamar kost dengan ukuran yang tidak terlalu besar, memiliki make up organizer dalam bentuk vertikal bisa menjadi opsi yang sangat menarik.

Kamu bisa menggunakan rak putar atau gantung yang bisa dikaitkan pada dinding serta bagian belakang pintu.

Julie Alexander, selaku founder sekaligus make up coach dari Do More With Make Up mengaku, salah satu tips andalannya dalam menyimpan produk kecantikan adalah dengan menggunakan vertical make up organizer.

My best make up organization tip is to put overlooked space to good use, especially vertical space! Store your everyday essentials in a spinning cosmetic tower, which can hold products and tools of many different shapes and sizes and is easily accessible when you’re in a rush,” ungkapnya dikutip dari situs Self.

Artikel Rekomendasi kami