Home > Fashion & Beauty > 5 Manfaat Timun Sebagai Masker Untuk Kecantikan Wajah

5 Manfaat Timun Sebagai Masker Untuk Kecantikan Wajah

5 Manfaat Timun Sebagai Masker Untuk Kecantikan Wajah

Selain dijadikan sebagai minuman, acar dan lalapan, banyak juga yang sering menggunakan timun sebagai masker demi mempercantik kulit wajah. Timun juga memiliki kandungan air yang cukup banyak karena itulah, timun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat timun untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung dan tulang, menurunkan berat badan, mencegah diabetes hingga menjaga kesehatan usus.

Manfaat Timun Untuk Kecantikan Wajah

Selain memiliki banyak kandungan air, timun juga memiliki kandungan vitamin A, B, C, asam folat, asam kafeat serta mineral seperti magnesium, kalium dan mangan. Kandungan tersebut lah yang membuat timun menghadirkan banyak manfaat jika kamu menggunakannya sebagai masker. Bagi kamu yang suka menggunakan masker dari bahan alami, berikut beberapa manfaat timun untuk kecantikan wajah.

1. Mengurangi Mata Panda

manfaat timun untuk mata panda

Source: Pexels

Mata panda kerap kali membuat para wanita tidak percaya diri pada penampilannya. Banyak dari mereka yang menggunakan concealer demi menutupi kantung mata yang menonjol. Mata panda sendiri hadir akibat kebiasaan begadang. Kini kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan kantung mata menganggu dengan menggunakan timun karena kandungan asam folat dan vitamin C yang dapat meredakan pembengkakan.

Untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu membersihkan wajah dari bekas make up dan kotoran. Selanjutnya, kamu bisa mengiris timun dan menempelkannya pada mata lalu diamkan selama 15 menit.

2. Melembabkan Wajah

manfaat timun untuk melembabkan wajah

Source: Freepik

Seperti yang tertera di atas, timun memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kandungan tersebut bisa berguna untuk memberikan kelembaban alami pada kulit wajah kamu. Namun agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga harus menggunakan pelembab lainnya sebagai salah satu tahapan skincare. Karena penggunaan timun tanpa pelembab justru akan membuat penurunan hidrasi pada kulit wajah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menghaluskan timun bersama dengan 2 sendok makan gel lidah buaya. Lalu oleskan dan pijat pada area wajah yang sudah kamu bersihkan sebelumnya.

3. Mengurangi Bintik Hitam

manfaat timun untuk menghilangkan noda hitam

Source: Freepik

Banyak wanita yang merasa frustasi akan bekas jerawat menghitam pada wajah mereka. Untuk membantu menguranginya, kamu bisa menggunakan timun sebagai masker. Timun sendiri bisa mengurangi bintik hitam pada wajah dengan pengelupasan kulit (penggantian sel kulit mati) dan memproduksinya dengan sel kulit yang baru.

Agar hasil yang kamu dapat lebih maksimal, kamu bisa menghancurkan timun dan mencampurkannya dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Lalu aplikasikan pada wajah selama kurang lebih 20 menit.

BACA JUGA:

4. Mengatasi Jerawat

mengatasi jerawat

Source: Freepik

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sangat menganggu penampilan. Siapa sangka jika timun ternyata bisa membantu kamu untuk mengatasi jerawat pada wajah sekaligus membersihkan pori-pori. Kamu bisa mencampurkan timun pada campuran masker yang kamu miliki. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan campuran lain.

Salah satunya dengan mencampurkan timun dengan oatmeal dan madu. Caranya cukup campurkan 1 sdm oatmeal dan 1 sdm madu pada timun yang sudah dihancurkan. Kemudian biarkan masker pada wajah selama 15 menit.

5. Mengatasi Penuaan

mengatasi penuaan dini

Source: Freepik

Selain faktor umum, paparan sinar ultraviolet dapat menghadirkan kerutan pada wajah atau penuaan dini. Kandungan vitamin C yang ada pada timun dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru selain itu asam folat juga dapat melawan racun yang menjadi penyebab penuaan dini. Untuk mengatasinya kamu bisa menempatkan irisan timun dingin pada wajah dan mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit.

Atau kamu juga bisa membuat campuran timun dengan 2 sendok yogurt dan oleskan secara merata pada kulit. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Itulah beberapa manfaat timun untuk wajah jika kamu jadikan sebagai masker. Agar perawatan yang kamu lakukan semakin maksimal, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat. Kamu juga bisa mengonsumsi timun sebagai jus untuk memberikan perawatan alami pada kulit dari dalam. Selamat mencoba.

Artikel Rekomendasi kami