Home > Fashion & Beauty > Penting! Kenali Manfaat Serum untuk Kulit Wajah

Penting! Kenali Manfaat Serum untuk Kulit Wajah

Penting! Kenali Manfaat Serum untuk Kulit Wajah

RoomMies pasti sudah sering dengan manfaat serum sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah. Beberapa orang menggunakannya untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Seperti layaknya makanan, ada makanan pendamping dan makanan utama, serum ini semacam makanan utama. Karena didesain berisi berbagai macam nutrisi yang kulit kamu butuhkan, sayang banget kalau kamu melewatkan skincare yang satu ini.

Apa, sih, Serum Itu?

Menurut Dr. Joshua Zeichner, dokter kulit bersertifikat dari Mount Sinai Hospital, New York, mengatakan serum adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan konsentrasi bahan aktif spesifik tinggi ke kulit. Ada banyak jenis serum di pasaran dengan fungsi yang berbeda, mulai dari hidrasi hingga mencerahkan kulit.

Biasanya serum berwarna bening, berbahan dasar gel atau cair, dan cenderung kurang kental dibandingkan pelembab. Serum juga diaplikasikan sebelum pelembap untuk membantu mengunci kelembapan.

Apa Saja Bahan Dasar Serum?

Berikut beberapa kandungan atau bahan dasar serum yang dijual di pasaran.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah bahan umum untuk antipenuaan. Jadi kalau kamu berusia akhir 30-an dan 40-an, gunakan serum dengan kandungan ini. Serum yang mengandung vitamin C bukan hanya ampuh merangsang kolagen, tapi juga meningkatkan kekebalan kulit. Gunakan serum ber-vitamin C untuk menjadi bagian dari perawatan kulit kamu secara teratur.

2. Asam Hialuronat

Kandungan ini sangat baik untuk merawat kulit dehidrasi. Asam hialuronat (hyaluronic acids) ini dapat menjebak tingkat air alami kulit dan memastikan bahwa kulit tidak kehilangan kelembapan alaminya. Selain asam hialuronat, seramid (ceramide) dan asam amino juga mencapai hasil dan manfaat yang sama.

3. Antioksidan

Antioksidan sangat penting untuk melindungi kulit dari stres dan kerusakan. Selain dari serum, teh hijau, buah beri, delima, dan biji anggur adalah bahan aktif alami yang bisa kamu jadikan sumber antioksidan.

4. Retinol

Retinol merupakan bahan serum yang ideal untuk kulit yang rentan berjerawat, sekaligus mengatasi garis halus dan kerutan.

 

BACA JUGA:

Apa Kegunaan Serum untuk Kulit Wajah?

1. Merawat kulit secara maksimal

Ingin warna kulit merata, bebas dari jerawat, mengurangi minyak, sampai antiaging? Semuanya ada pada manfaat serum. Coba bandingkan, pembersih dan pelembap biasanya mengandung antara 5-10% bahan aktif, sedangkan serum bisa mengandung hingga 70%. Artinya, kamu bisa benar-benar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

2. Mengurangi jerawat

Jika kamu memiliki jerawat pada wajah, sebaiknya pakai serum karena serum sangat baik untuk kulitmu. Tidak seperti pelembap yang dapat menyumbat lapisan pori di atas kulit, serum memiliki konsistensi encer dan beberapa diantaranya berbahan dasar air, bukan minyak. Artinya ,serum lebih cepat meresap tanpa ada residu yang bikin kulit breakout.

3. Mengurangi sebum pada kulit

Ketika kamu merasa kulit berminyak, kamu pasti pengen cepat-cepat menghapus minyak itu di wajah, kan? Padahal, kulit masih membutuhkan sebum alias minyak untuk menjaga kelembapan. Ketika minyak di wajah hilang, otomatis otak mengomunikasikan bahwa kulitmu kering dan harus memproduksi lebih banyak minyak.

Akhirnya, malah kulit kamu yang sudah cukup banyak minyak semakin berminyak lagi. Serum akan mengunci dan menjaga kelembapan kulit kamu jika dilakukan secara teratur.

Artikel Rekomendasi kami