Home > Fashion & Beauty > 4 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan serta Cara Membuatnya Sendiri di Kosan

4 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan serta Cara Membuatnya Sendiri di Kosan

4 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan serta Cara Membuatnya Sendiri di Kosan

Selain dijadikan sebagai simbol rasa cinta dan kasih sayang, bunga mawar ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, lho. Nggak heran, jika air dari ekstrak bunga mawar sering digunakan sebagai campuran untuk produk-produk kecantikan.

Tak hanya dipakai sebagai campuran produk kecantikan, air bunga mawar juga dapat digunakan untuk melengkapi tahapan skincare, mulai dari pembersih, penyegar, hingga campuran masker. Sebenarnya, apa saja manfaat air mawar untuk kulit? Biar nggak tambah penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

1. Meredakan peradangan pada kulit

Air ekstrak bunga mawar diketahui mengandung polifenol dan juga flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi alami. Nggak heran jika air mawar diyakini mampu meredakan peradangan di kulit, khususnya kulit wajah. Di samping itu, air mawar juga dapat mengurangi peradangan akibat gejala eksim dan rosacea.

2. Mencerahkan wajah

Nggak hanya meredakan peradangan, air mawar juga dapat dipakai mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam, lho. Ini karena kandungan vitamin A dan E yang terdapat di air mawar mampu membantu eksfoliasi kulit. Selain itu, sifat antioksidan di air mawar juga mampu memperkuat sel-sel kulit mati dan meregenerasi jaringan kulit.

3. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat air mawar berikut adalah dapat mencegah munculnya jerawat. Ini karena kandungan antiseptik yang ada di air mawar dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Itu sebabnya, air mawar ini sering disarankan dipakai sebelum mengaplikasikan produk skincare.

4. Mencegah penuaan dini

Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds. Formula ini memiliki kandungan vitamin C dan bermanfaat sebagai antioksidan. Dengan rutin menggunakannya, risiko munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan bisa dicegah.

Cara Membuat Air Mawar Sendiri di Kosan

Sebenarnya, air dari ekstrak bunga mawar bisa kamu beli di supermarket atau toko-toko kecantikan. Tapi, jika kamu ingin yang lebih alami dan tanpa campuran bahan lain, kamu bisa membuat air mawar sendiri di kosan, kok. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • 1-7 tangkai bunga mawar segar
  • Air secukupnya
  • Botol kecil kaca atau botol spray
  • Panci
  • Saringan

Cara membuatnya:

  1. Pisahkan kelopak bunga mawar dari tangkainya. Kemudian, cuci kelopak mawar yang sudah dipisahkan tadi menggunakan air hangat agar terbebas dari pestisida dan kotoran serangga.
  2. Jika sudah, tiriskan sejenak. Setelah ditiriskan kamu bisa langsung memasukkan kelopak bunga mawar tadi ke dalam panci. Kemudian, tambahkan air secukupnya hingga kelopak mawar terendam air.
  3. Selanjutnya panaskan dengan api kecil selama 20-30 menit.
  4. Bila sudah mendidih, matikan kompor dan saring rebusan air mawar. Diamkan sejenak air sulingan mawar hingga suhu panasnya menghilang. Kemudian, segera pindahkan air sulingan mawar ke botol kaca yang sudah disiapkan tadi.

Gimana, mudah kan membuat air mawar sendiri di kosan?

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami