Home > Fashion & Beauty > Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Perlu Anak Kos Tahu

Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Perlu Anak Kos Tahu

Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Perlu Anak Kos Tahu

Bagi sebagian wanita, stretch mark merupakan salah satu masalah kulit yang amat menjengkelkan. Pasalnya, masalah kulit ini bisa menurunkan rasa percaya diri dan juga mengganggu penampilan. Namun, jangan khawatir, karena stretch mark dapat dihilangkan dengan beberapa perawatan alami berikut. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? Yuk simak langsung ulasannya di sini.

Sekilas Tentang Stretch Mark dan Penyebabnya

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkannya, yuk ketahui dulu sekilas tentang stretch mark dan beberapa faktor yang menyebabkan munculnya masalah kulit tersebut.

Secara umum, stretch mark merupakan guratan-guratan berwarna putih, kemerahan, atau kecokelatan yang terbentuk di permukaan kulit. Biasanya, stretch mark muncul di bagian tubuh yang tertutup, seperti perut, pinggul, paha, hingga bokong.

Tak hanya wanita yang bisa mengalami masalah kulit satu ini, para pria pun juga dapat mengalaminya. Ada berbagai faktor yang dapat memicu munculnya stretch mark, mulai dari kehamilan, pertambahan dan penurunan berat badan yang drastis, obesitas, pubertas, sedang mendapat pengobatan kortikosteroid, hingga akibat gangguan medis tertentu, seperti sindrom Cushing, sindrom Marfan, dan kelainan genetik lainnya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

1. Minyak zaitun (olive oil)

Cara menghilangkan stretch mark - minyak zaitun

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun diketahui mengandung vitamin E, antioksidan, dan senyawa lain yang dapat membantu proses penghilangan masalah kulit tersebut.

Selain efektif untuk menghilangkan stretch mark, minyak zaitun juga dapat mengurangi rasa gatal yang mungkin saja terasa di area tersebut.

Cara menggunakannya:

  • Tuang secukupnya ke telapak tangan.
  • Lalu oleskan pada bagian tubuh yang memiliki masalah kulit itu, lakukan secara teratur.
  • Atau, kamu bisa mencampur 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu, aduk rata. Kemudian oleskan ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark, lakukan secara teratur.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa

Selain olive oil, minyak kelapa juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Layaknya olive oil, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang berguna untuk menghilangkan masalah kulit tersebut.

Cara menggunakannya:

  • Tuang minyak kelapa murni secukupnya ke telapak tangan.
  • Lalu, oleskan ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark, beri sedikit pijatan kurang lebih 30 menit agar minyak meresap. Lakukan secara teratur.

3. Gula

Gula

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya adalah dengan menggunakan gula. Gula pasir dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati di atas stretch mark, sehingga warnanya dapat memudar.

Cara menggunakannya:

  • Ambil 1 sdm gula pasir, lalu campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Gosok campuran bahan tadi pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark setiap sebelum mandi. Gosok selama kurang lebih 8-10 menit.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu agar stretch mark cepat menghilang.

4. Gel lidah buaya (aloe vera)

Cara menghilangkan stretch mark - aloe vera

Lidah buaya juga dapat kamu gunakan untuk memudarkan dan menghilangkan stretch mark. Ini karena lidah buaya mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak, yang bersifat menenangkan sekaligus menyembuhkan. Nggak heran, jika lidah buaya ini efektif untuk menghilangkan stretch mark.

Cara menggunakannya:

  • Tuang gel lidah buaya secukupnya ke telapak tangan.
  • Lalu, oleskan secara merata pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark.
  • Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Putih telur

Putih telur

Kamu juga dapat menghilangkan stretch mark dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung protein yang dapat membantu proses peremajaan kulit sekaligus meregenerasi kulit sehingga tampak cerah. Karena manfaatnya, putih telur jadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark.

Cara menggunakannya:

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya.
  • Kemudian, kocok putih telur (kamu bisa menambahkan air perasan lemon agar tidak berbau amis)
  • Sebelum mengaplikasikannya, pastikan kamu sudah membersihkan bagian tubuh yang memiliki masalah kulit tersebut.
  • Setelah itu olesi bagian tubuh menggunakan putih telur tadi dengan menggunakan kuas.
  • Diamkan sampai putih telur mengering.
  • Bila sudah kering, bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Beri minyak zaitun agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Itu dia lima cara menghilangkan stretch mark secara alami yang wajib anak kos tahu. Butuh kesabaran dan ketelatenan agar stretch mark bisa hilang dengan cara alami di atas.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami