Home > Fashion & Beauty > Ampuh! Ini 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Ampuh! Ini 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Ampuh! Ini 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Bagi perempuan, punya kulit yang mulus dan bersih adalah impian. Tidak terkecuali dengan adanya pori-pori besar yang mengganggu penampilan. Pori-pori besar membuat kotoran lebih mudah masuk ke dalam kulit dan membuat wajah lebih mudah kotor dan berjerawat. Ditambah lagi, untuk menutupinya kamu menggunakan makeup tebal agar tampil percaya diri. Kamu mau tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus dengan cepat dan mudah? Berikut caranya.

1. Masker pepaya dan jeruk nipis

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit. Sedangkan, jeruk nipis mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Karena kedua manfaat untuk meregenerasi kulit inilah masker pepaya dan jeruk nipis sangat baik untuk mengecilkan pori-pori. Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal, maskeran setiap hari agar pori-pori semakin mengecil dan kulit semakin lembut ya, Roommies!

2. Jangan lupa pakai tabir surya

Penggunaan tabir surya atau sunscreen berfungsi untuk mencegah pori-pori wajah tidak semakin membesar. Matahari memiliki kandungan UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. Gunakanlah sunblock 20 menit sebelum keluar kost pada pagi maupun siang hari, dan dapat diulang setiap 2-4 jam sekali setelah wajah dibersihkan.

3. Toner dan pelembab

Cara mengecilkan pori-pori selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran yang tersisa saat membersihkan wajah. Sedangkan pelembab akan membuat kulit semakin lembab dan mencegah pori-pori semakin terbuka.

Toner dan pelembab juga dapat menyegarkan dan mengembalikan pH normal kulit wajah. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan toner dan pelembab sebagai rutinitasmu mengawali hari.

BACA JUGA:

4. Gunakan steam wajah

Selain sebagai pengobatan untuk hidung yang tersumbat, steam wajah juga berguna untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Panas dari uap membuka pori-pori kulit, sementara uap air dapat membersihkan kotoran dan sel kulit mati. Steam wajah umumnya dilakukan di salon, tapi kamu bisa kok melakukannya di kost. Caranya dengan menyiapkan air panas dalam mangkuk yang cukup besar. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial jika diinginkan. Posisikan wajahmu di atas mangkuk lalu tutup dengan handuk. Lakukan hal ini selama 10-15 menit dan kemudian bilas wajah dengan air hangat.

 5. Hilangkan kotoran dengan scrubbing

Salah satu masalah dari pori-pori besar adalah kotoran yang menumpuk pada kulit. Apalagi jika tidak dibersihkan, kotoran akan semakin menumpuk dan semakin memperlebar pori-pori. Scrubbing sangat baik untuk membuang sel kulit mati di wajah. Lakukan secara rutin minimal sekali seminggu agar kotoran tidak menumpuk. Kamu juga bisa melakukan scrubbing di kost.  Caranya gosokkan scrub perlahan-lahan tanpa tekanan ke seluruh bagian wajah secara merata, fokuskan pada daerah yang pori-porinya terlihat besar karena biasanya kotoran berada di sini.

 

Itu dia cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus Selamat mencoba!

Artikel Rekomendasi kami