Home > Fashion & Beauty > 5 Cara Mengatasi Ketiak Basah, Rasa Percaya Diri Bisa Kembali!

5 Cara Mengatasi Ketiak Basah, Rasa Percaya Diri Bisa Kembali!

5 Cara Mengatasi Ketiak Basah, Rasa Percaya Diri Bisa Kembali!

Ketiak basah memang menjadi salah satu alasan mengapa rasa percaya diri menjadi berkurang. Masalah yang satu ini bahkan bisa mengganggu aktivitas. Kamu jadi lebih malas untuk menggerakan tangan karena ketiak yang basah tersebut. Coba cara mengatasi ketiak basah berikut ini, yuk.

Ketiak Basah, Apa Penyebabnya?

Untuk menurunkan suhu secara alami, tubuh mengeluarkan keringat. Kondisi ini lebih sering terjadi ketika kamu berolahraga atau merasa gugup. Namun, ada beberapa orang yang mengalami ketiak basah meski tidak sedang olahraga atau merasa gugup sekalipun.

Munculnya keringat berlebih pada area sekitar ketiak disebut dengan axillary hyperhidrosis. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Berikut beberapa cara untuk mengatasi sekaligus mencegah ketiak basah yang disebabkan oleh keringat berlebih.

1. Antiperspirant

Produk yang mengandung antiperspirant umumnya dijual bebas dan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keringat pada ketiak, tangan, serta kaki. Antiperspirant dapat digunakan ketika siang dan malam sebelum tidur.

Produk yang satu ini memiliki kandungan aluminium klorida heksahidrat yang berguna untuk menghambat kelenjar keringat. Ada juga produk antiperspirant yang bisa dibeli hanya menggunakan resep dokter karena memiliki kandungan bahan garam alumunium yang cukup kuat.

2. Obat-obatan

Ketiak basah yang diakibatkan keringat berlebih maupun kondisi lain bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Obat tersebut umumnya dikonsumsi karena dapat mencegah stimulus dari kelenjar keringat.

3. Terapi Iontophoresis

Prosedur yang satu ini memerlukan mesin khusus bertenaga listrik yang dapat mengurangi aktivitas kelenjar keringat. Terapi tersebut namun lebih umum digunakan pada tangan atau kaki dibandingkan pada ketiak.

Proses awalnya, bagian tubuh yang berkeringat nantinya akan direndam pada air. Setelah itu arus listrik daya rendah akan dialirkan. Namun, kamu tak perlu khawatir karena prosedur ini hanya akan menimbulkan sensasi geli saja.

Terapi akan dilakukan selama 10 sampai dengan 20 menit lamanya. Cara yang satu ini tergolong menjadi salah satu yang paling efektif untuk mengatasi ketiak basah akibat keringat berlebih.

4. Cara mengatasi ketiak basah dengan botox

Siapa bilang jika botox hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerutan? Metode yang satu ini juga sangat efektif untuk mengatasi keringat berlebih, bahkan disebut lebih efektif daripada hanya mengkonsumsi obat-obatan. Suntik botox sendiri akan digunakan bila keringat berlebih sudah tergolong parah.

Botox akan disuntikan di area ketiak guna menghambat saraf yang dapat menstimulasi produksi keringat. Namun, kamu akan merasa nyeri di area lokasi suntikan semenatara waktu. Efek samping lain yang mungkin akan dialami adalah demam atau peningkatan suhu tubuh.

5. Operasi pada ketiak

Jika cara tersebut masih kurang efektif, maka operasi bisa menjadi jalan terakhir untuk mengatasi kondisi ketiak basah yang sulit dihilangkan. Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan kelenjar keringat yang ada di ketiak.

Namun, tindakan tersebut tentu tidak dilakukan secara sembarangan. Cara ini hanya akan dilakukan jika masalah ketiak basah sampai mengganggu kesehatan serta tidak ada cara lain yang dapat mengatasinya.

BACA JUGA: 5 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Artikel Rekomendasi kami