Home > Fashion & Beauty > 4 Cara Mencegah Penuaan Dini, Lakukan di Kost, Yuk!

4 Cara Mencegah Penuaan Dini, Lakukan di Kost, Yuk!

4 Cara Mencegah Penuaan Dini, Lakukan di Kost, Yuk!

Tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus, flek hitam, dan kulit berkerut biasanya dialami oleh seseorang yang berusia 30-an. Namun, tidak menutup kemungkinan hal ini juga dialami oleh seseorang yang berusia 25-an. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus mulai melakukan beberapa cara mencegah penuaan dini supaya kulit tetap terlihat muda.

Munculnya tanda-tanda penuaan memang tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun ada beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan kok RoomMies. Yuk cari tahu caranya di bawah ini.

Ragam Cara Mencegah Penuaan Dini

Bebeberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa RoomMies lakukan di kost, yaitu:

1. Gunakan sunscreen setiap hari

RoomMies kadang masih lupa mengaplikasikan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan? Kalau iya, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan ini ya RoomMies. Karena tidak menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan dapat memicu kulit mengalami tanda-tanda penuaan dini. Seperti munculnya flek hitam dan garis halus.

Sunscreen juga tidak hanya wajib digunakan oleh RoomMies yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan loh, tapi juga untuk kamu yang bekerja sambil duduk di dekat jendela kamar kost. Karena sinar matahari juga bisa menembus kaca. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, untuk mencegah penuaan dini seseorang disarankan menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.

2. Konsumsi makanan bergizi

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu cara paling ampuh untuk mencegah penuaan dini adalah mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola hidup sehat. Dilansir dari Healthline beberapa makanan yang bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini adalah alpukat, pepaya, kacang, brokoli, bayam, dan ubi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu minum air putih 2,5 liter setiap hari dan menghentikan kebiasaan merokok ya RoomMies. Hal ini bisa bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembap dan mencegah munculnya penuaan dini,

BACA JUGA:

3. Rutin olahraga setiap hari

Dilansir dari dari American Academy of Dermatology Association, olahraga setiap hari bisa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat kulit tampak lebih muda lho. Enggak perlu olahraga yang berat kok RoomMies, melakukan yoga atau jalan kaki 30 menit setiap hari juga sudah cukup untuk mencegah penuaan dini.

4. Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang bisa RoomMies dapatkan dengan menggunakan produk perawatan wajah, seperti serum atau essence. Dilansir dari WebMD, retinol telah terbukti ampuh untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih kencang.

Namun, untuk RoomMies yang memiliki kulit sensitif sebaiknya gunakan dosis produk dengan tingkat retinol yang sangat rendah ya. Agar lebih aman lagi, RoomMies yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan retinol.

Meskipun tidak bisa dihentikan sama sekali, tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah dan diperlambat dengan beberapa cara di atas RoomMies. Bahkan kamu bisa melakukan beberapa hal diatas saat di kost aja kan.

Artikel Rekomendasi kami