Home > Fashion & Beauty > Kenali 6 Jenis Bedak Wajah, Pilih Sesuai Kebutuhan

Kenali 6 Jenis Bedak Wajah, Pilih Sesuai Kebutuhan

Kenali 6 Jenis Bedak Wajah, Pilih Sesuai Kebutuhan

Bedak wajah yang kamu temui di pasaran pasti beragam jenisnya. Ada yang disebut compact powder, loose powder, hingga setting powder. Tentu saja, jika ingin hasil dandan kamu lebih baik, sebaiknya tidak menggunakan bedak asal saja. Kenali dulu perbedaan aneka bedak wajah tadi.

Apa Itu Bedak Wajah (Face Powder)?

Bedak wajah adalah salah satu benda penting untuk menyempurnakan hasil riasan. Fungsinya beragam, dari membuat wajah tampak lebih halus, cerah, menutupi pori, hingga menyamarkan kekurangan. Penggunaan bedak wajah dapat membuat penampilan seseorang lebih menarik dan memancarkan kecantikannya.

Penggunaan bedak berawal dari kerajaan Mesir kuno. Setelah itu, bedak terus menyebar ke Eropa dan Asia. Dari masa peradaban kuno, abad pertengahan, hingga awal abad ke-20, para wanita sudah memakai bedak. Pada masa modern sekarang, bedak tidak bisa dipisahkan dari aktivitas merias wajah.

Kenali 5 Jenis Bedak Wajah

Supaya riasan kita hasilnya lebih maksimak, jangan menggunakan bedak wajah asal saja. Banyaknya bedak wajah yang beredar di pasaran pasti memiliki fungsi masing-masing untuk dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan. Yuk, cek dulu beberapa jenis bedak wajah yang umumnya digunakan untuk merias wajah berikut ini!

1. Translucent Powder (Bedak Transparan)

bedak wajah transluscent

Sumber: Feel Unique

Kamu membutuhkan bedak ini untuk ‘mengunci’ riasan yang baru dibuat dan mengontrol minyak pada wajah yang disebabkan penggunaan produk kecantikan. Hasilnya, tampilan riasan yang matte pada wajah sehingga tampak flawless.

Sesuai namanya, bedak ini tidak berwarna atau transparan begitu diaplikasikan pada wajah. Dengan begitu, tidak bisa digunakan untuk menutupi kekurangan atau menambah warna pada wajah. Translucent powder diaplikasikan menggunakan kuas besar yang disapukan secara ringan pada seluruh bagian wajah.

2. Compact Powder (Bedak Padat)

bedak wajah padat

Sumber: Freepik

Berbeda dengan transluscent powder, compact powder bisa berfungsi sebagai sentuhan akhir riasan juga menutupi kekurangan pada wajah. Pasalnya, compact powder sering memiliki beberapa pilihan tone (warna). Ada yang transluscent juga, ada yang ivory, beige, clay, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan warna kulit wajah saat digunakan.

Compact powder merupakan bedak yang dalam pengemasannya dipadatkan sehingga tidak mudah tumpah. Jadinya, nih, mudah dibawa-bawa sehingga dapat digunakan kapan dan di mana saja.
Misalnya, setelah beberapa jam, riasan di wajah mulai luntur atau wajah tampak lelah atau mengusam, sapukan compact powder menggunakan puff atau kuas besar untuk menyegarkan lagi wajah.

3. Loose Powder (Bedak Tabur)

loose powder

Sumber: Beautybrainblush

Bedak wajah yang satu ini sama fungsinya dengan compact powder, yaitu dapat menutupi kekurangan wajah, menyempurnakan riasan, dan sebagai sentuhan akhir ketika dandan untuk hasil yang matte. Mengenai hal yang terakhir, loose powder memang dapat menjadi translucent powder bila tone bedaknya transparan. Tapi, translucent powder tidak bisa jadi loose powder karena tidak dapat menyamarkan kekurangan pada wajah.

Bedanya dengan compact powder, bentuk loose powder berupa bubuk yang mudah berserakan. Jadinya, loose powder sulit dibawa-bawa karena rentan tumpah. Penggunaannya juga harus pelan-pelan supaya bubuk bedak tidak mengotori baju kita. Sebaiknya, digunakan pakai kuas besar khusus bedak. Tapi, bisa juga dengan puff bedak, sih.

4. Finishing Powder 

finishing powder

Sumber: Lux.au

Bedak ini serupa tapi tak sama dengan bedak translucent. Finishing powder ini digunakan di akhir proses merias untuk membuat riasan lebih lengkap. Namun, finishing powder mampu menutupi kekurangan wajah, yaitu meringkas pori-pori dan menyamarkan kerutan.

Bedak dalam bentuk bubuk ini banyak digunakan untuk pemotretan atau harus beraksi di depan kamera. Namun, tidak direkomendasikan untuk dipakai sehari-hari.

5. Setting Powder

bedak wajah setting

Sumber: Spacenk

Suka merasa makeup luntur setelah berjam-jam? Setting powder dapat mengatasi hal tersebut. Bedak ini berfungsi untuk mengunci atau mempertahankan pulasan foundation (base makeup). Hasilnya, tidak mudah luntur atau terhapus. Selain itu, mampu memberikan tampilan matte dalam waktu lama sehingga wajah tampak flawless.

Setting powder ada yang berbentuk compact (pressed), ada juga dalam wujud bubuk. Setting powder yang compact mudah digunakan dan dibawa-bawa. Sedangkan, yang dalam bentuk bubuk memberi hasil yang lebih halus, meski mudah berantakan saat diaplikasikasi.

Persamaannya, kedua bentuk setting powder tadi mampu menutupi kekurangan namun tetap tampak ringan dan cocok untuk kulit yang cenderung berminyak atau suka memakai foundation cari. Setting powder ada yang transparan dan sedikit berwarna sehingga bisa disesuaikan dengan warna kulit.

6. Two Way Cake

bedak two way cake

Sumber: Unsplash

Bentuknya sama dengan padat, namun bedak two way cake merupakan campuran bedak dan foundation. Bedak ini punya formula cenderung berat dan berminyak, tapi bisa bertahan lama ketika dipakai seharian.

Penggunaannya pun ada dua cara. Pertama, secara basah memakai sponge bedak yang dibasahi. Hasilnya akan tampak lebih tebal dan mampu menutupi kekurangan wajah lebih banyak. Penggunaan kedua, yaitu kering memakai sponge kering, dapat berfungsi sebagai bedak wajah umumnya dan hasil lebih tipis dibanding penggunaan basah. Penggunaan kering dapat dilakukan untuk touch-up makeup setelah digunakan beberapa jam.

Bedak two way cake cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi atau pesta-pesta glamor. Bedak ini populer di Asia dan hadir dengan ragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan tone kulit.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami