Home > Fashion & Beauty > 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering merupakan salah satu masalah kulit yang sering menimpa siapapun. Diperlukan perawatan yang tepat, karena perawatan yang salah akan semakin merusak kulit. Masalah ini umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari terlalu lama mandi air panas terlalu lama, kurangnya asupan cairan, terlalu lama berada di ruangan ber ac hingga penggunaan sabun pembersih wajah dengan pH basa.

Pada wanita, kulit wajah yang kering menyebabkan rasa tidak percaya diri. Karena biasanya kulit wajah yang kering akan terlihat mengelupas yang hal itu tentunya akan mengurangi estetika wajah.

Untuk itu, RoomMe rangkum beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang dapat dengan mudah kamu lakukan di kosan.

1. Gunakan Pelembab

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah kering, penggunaan pelembab merupakan satu hal wajib. Untuk wanita, jangan menggunakan pelembab hanya saat menggunakan make up. Gunakanlah pelembab setiap kali kamu selesai membersihkan wajah. Dan pastikan saat menggunakan pelembab, kulit wajah kamu dalam keadaan lembab. Karena pelembab dapat bekerja secara maksimal saat kulit dalam keadaan lembab.

Hindari pelembab yang mengandung alkohol, dioxane, pewangi artifisal atau petroleum. Kamu bisa memilih pelembab yang mengandung colloidal oatmeal, ceramides dan hyaluronic acid. Atau jika ingin lebih aman, kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung lidah buaya yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Kamu juga bisa loh menggunakan lidah buaya asli. Caranya belah lidah buaya menjadi dua bagian, ambil gelnya dan oleskan ke bagian kulit wajah yang kering.

2. Jangan Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi memang dianjurkan, guna mengelupas sel-sel kulit mati yang membuat wajah kering. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi. Karena eksoliasi yang terlalu sering justru dapat membuat kulit semakin kering dan mengelupas. Karena itu, ada baiknya lakukan eksfoliasi sekitar satu minggu sekali atau maksimal dua kali dalam satu minggu. Dan pilihlah scrub yang memiliki butiran halus untuk mencegah peradangan pada kulit.

Kamu juga bisa membuat eksfoliasi sendiri di rumah loh RoomMies. Caranya campurkan satu sendok makan kopi bubuk, satu sendok makan air dan minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi untuk melembabkan kulit, jadi kamu bisa melewatkan penggunaan pelembab setelah melakukan eksfoliasi.

3. Perbanyak Minum Air

Kurangnya cairan merupakan salah satu faktor penyebab kulit wajah kering dan kehilangan keelastisitasannya. Untuk itu, perbanyak konsumsi air putih 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Selain mengkonsumsi air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi buah karena buah memiliki kandungan air.

Pilih buah yang juga dapat membantu mengatasi kulit wajah kamu yang kering seperti buah alpukat, jeruk, tomat, kiwi, semangka atau apel.

BACA JUGA:

4. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya sehingga menyebabkan iritasi. Untuk itu, dalam sehari disarankan untuk mencuci muka maksimal 2 kali yaitu pada saat pagi dan malam hari.

Kamu juga harus berhati-hati saat memilih pembersih wajah, jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), pewangi artifisial, paraffin, sodium lauryl sulfate dan triethanolamine (TEA).

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung gliserin, vitamin e dan minyak jojoba.

5. Jangan Begadang

Begadang bukan hanya tidak baik bagi kesehatan namun juga memiliki dampak pada kulit. Begadang dapat membuat kulit lebih kering, memunculkan kantung mata hingga menimbulkan garis-garis halus di sekitar bibir dan mata. Karena itu, hindari begadang dan tidur lebih awal ya RoomMies.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba.

Artikel Rekomendasi kami