Home > Fashion & Beauty > 10 Kolaborasi Beauty dan Fashion Brand dengan Anime di 2020, Pilihan Stylish Kekinian untuk Anak Kost!

10 Kolaborasi Beauty dan Fashion Brand dengan Anime di 2020, Pilihan Stylish Kekinian untuk Anak Kost!

10 Kolaborasi Beauty dan Fashion Brand dengan Anime di 2020, Pilihan Stylish Kekinian untuk Anak Kost!

Penikmat anime kini bukan hanya terbatas para otaku, wibu, atau penonton di Asia saja. Kepopuleran anime sudah merambah ke benua Amerika dan Eropa juga. Anime bukan sekadar hiburan film animasi dua dimensi (2D) saja, tapi telah jadi bagian gaya hidup banyak orang di berbagai belahan dunia. Salah satu gaya hidup tersebut terwujud dengan kolaborasi anime dengan beauty dan fashion brand terkemuka dunia.

Anime, Industri Milyaran Dollar

Semakin banyak judul yang dirilis tiap tahunnya membuat anime makin digemari karena memberikan pilihan hiburan. Bahkan, anime telah tumbuh menjadi industri bernilai milyaran dollar.

Menurut data yang dikeluarkan Asosiasi Animasi Jepang (The Association of Japanese Animations), industri anime pada abad milennium ini bernilai 19 milyar dollar atau lebih dari Rp200 trilyun. Data tersebut dikeluarkan tahun 2018 dan belum ada data terbaru lagi dari mereka. Jadi, bisa diasumsikan bahwa pada tahun 2020 ini, nilai industri anime makin naik lagi.

Melihat popularitas anime yang kian menanjak, jangan heran bila saat ini banyak beauty dan fashion brand berkolaborasi dengan anime-anime ternama untuk memproduksi produk-produk mereka.

Tentu saja, selain popularitas, keindahan anime dengan ceritanya yang unik dan penuh makna jadi daya tarik beauty dan fashion brand tersebut bekerja sama dengan anime.

Kolaborasi Beauty dan Fashion Brand dengan Anime

Kerja sama antara dunia mode dan kecantikan dengan anime sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir. Menariknya, beauty dan fashion brand tersebut adalah, bisa dibilang, populer dan terkemuka juga. Tidak sedikit yang merupakan mereka fesyen dan beauty high-class alias mewah.

Berikut beberapa kolaborasi beauty dan fashion brand dengan anime ternama yang menghasilkan produk mode penuh daya tarik pada tahun 2020 ini.

1. UNIQLO UT X Demon Slayer

fashion brand uniqlo demon slayer

Sumber: Hypebae

Popularitas anime “Demon Slayer” yang sedang menanjak saat ini menarik fashion brand kasual ternama asal Jepang, Uniqlo, untuk membuat koleksi bertema anime tersebut. Hasilnya, line fashion kedua Uniqlo, UNIQLO UT, merilis koleksi t-shirt bergambar anime yang diangkat dari manga karya Tanjiro Kamado tersebut.

UNIQLO UT meluncurkan koleksi tersebut sebanyak dua kali. Pertama, pada pertengahan September 2020. Kedua, pada pertengahan Oktober 2020. Koleksi ini terdiri dari kaus bergambar karakter-karakter populer Demon Slayer, seperti Tanjiro Kamado, Nezuko, hingga Muzan Kibutsuji. Juga ada motif-motif bertema Demon Slayer. Pada koleksi kedua, dirilis juga tas dan handuk dengan motif dan ilustrasi Demon Slayer.

fashion brand uniqlo UT demon slayer

Sumber: Hypbae

 

fashion brand uniqlo UT demon slayer tas

Sumber: Hypebae

Serunya, peluncuran koleksi ini bersamaan dengan dirilisnya film “Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, The Movie: Mugen” pada tanggal 16 Oktober lalu. Jika ingin membeli koleksi ini, siapkan dana mulai dari US$15 atau sekitar Rp200 ribu.

2. Gucci X One Piece

gucci one piece 3

Sumber: Modern Notoriety

Kolaborasi ini bukan menghasilkan produk, tapi berupa look book atau foto-foto model menggunakan koleksi fashion brand tersebut. Yup, karakter One Piece menjadi model fashion brand mewah, Gucci, untuk memamerkan koleksi terbaru mereka berjudul “Fake/Not”.

Spesialnya, ilustrasi kolaborasi tersebut digambar langsung oleh pencipta manga One Piece, Eiichiro Oda. Jadilah, serangkaian gambar dua karakter utamanya, Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro bergaya menggunakan pakaian dan aksesori dari koleksi Fake/Not-nya Gucci.

gucci one piece 2

Sumber: Modern Notoriety

Fashion brand Gucci One Piece

Sumber: Modern Notoriety

Kamu bisa melihat Luffy tampil stylish mengenakan blazer, sweater, hingga membawa tas dan koper Gucci. Rangkaian ilustrasi ini diterbitkan khusus untuk majalah ELLEMEN Tiongkok bulan Sepetmber.

3. Naruto Akatsuki X Hypland

AkatsukiXHypland fashion brand

Sumber: Hypland

Hypland adalah salah satu brand terkemuka untuk aneka streetwear. Fashion brand ini sudah beberapa kali berkolaborasi dengan anime-anime populer, termasuk Naruto. Tahun 2020 ini, Hypland kembali merilis koleksi berdasarkan anime Naruto, yaitu Naruto Akatsuki X Hypland.

Tidak seperti koleksi-koleksi anime Hypland sebelumnya, koleksi Naruto Akatsuki X Hypland ini hanya menampilkan gambar awan merah, bukan karakter animenya. Awan merah tersebut merupakan simbol dari Akatsuki, yaitu kelompok antagonis pada serial Naruto.

shirt akatsuki

Sumber: Hypland

Meski hanya berupa simbol awan merah, koleksi yang dirilis pada bulan Juni 2020 ini tampak menarik dengan latar belakang warna hitam. Koleksi yang dirilis berupa sticker set, bucket hat, kemeja, dan jaket puffer. Harganya mulai dari US$16 – US$184.

4. Kappa X ONE PIECE

kappa one piece 1

Sumber: Hypebae

Monkey D. Luffy kayaknya sudah jadi fashion icon, nih! Kolaborasi di dunia mode kembali dilakukan bersama anime One Piece, yang satu ini oleh fashion brand asal Italia, Kappa. Tidak seperti di Gucci yang hanya menjadi modelnya, Luffy dan kawan-kawan tampil pada koleksi khusus berjudul Kappa X ONE PIECE.

Selain Luffy, ada karakter Boa Hancock dan Law yang tertera pada koleksi berupa hoodies dan t-shirt, dengan pilihan warna putih, abu-abu, hitam, beige, dan merah tua. Selain itu, ada juga logo “to be continues” yang merupakan salah satu scene ikonis One Piece.

one piece burgundy

Sumber: Hypebae

shirt one piece

Sumber: Hypebae

Meskipun Kappa merupakan brand baju olahraga, koleksi-koleksinya bisa digunakan untuk gaya street style. Koleksi Kappa X ONE PIECE dirilis pada pertengahan September 2020 lalu dan bisa dibeli di outlet Kappa di Jepang dan toko online One Piece dan Avex. Harganya mulai dari 5900 yen atau sekitar Rp700 ribu.

5. Seiko X Naruto

seiko naruto

Sumber: Fashion North

Bukan hanya koleksi pakaian, aksesoris fesyen juga mengambil tema anime untuk meluncurkan koleksi terbarunya. Ada brand jam tangan ternama dari Jepang, Seiko, yang akan merilis koleksi seri Seiko 5 Sports terbarunya dengan tema “Naruto dan Boruto”.

Anime Naruto pertama kali tayang di Jepang pada tahun 2002 dan telah dikenal secara global hingga saat ini. Sedangkan Boruto adalah anime sekuelnya yang tayang sejak tahun 2017 dan bercerita mengenai kehidupan anak Naruto, Boruto Uzumaki.

naruto sasuke

Sumber: Seikowatches

Ada tujuh desain jam tangan yang akan dirilis secara terbatas pada bulan Desember 2020 nanti. Masing-masing jam tangan menggambarkan karakter-karakter khusus dari kedua anime tersebut, yaitu Naruto, Boruto, Sasuke, Rock Lee, Gaara, Shikimaru, dan Sarada. Menariknya, setiap jam tangan memiliki detail desain berbeda yang disesuaikan karakter masing-masing tokoh anime tadi.

naruto seiko 2

Sumber: Seikowatches

Setiap desain jam tangan Seiko X Naruto & Boruto tadi hanya dibuat sebanyak 6500. Jadi, kalau mau membelinya, harus cepat-cepat supaya tidak kehabisan.

6. Shu Uemura ONE PIECE

su uemura one piece

Sumber: Shu Uemura Taiwan

Luffy dan kawan-kawan dari anime One Piece tampaknya sudah menjadi ikon dunia mode dan kecantikan tahun 2020 ini. Setelah beberapa fashion brand mewah, ada juga produk kecantikan ternama dunia yang menjalin kolaborasi dengan One Piece, yaitu Shu Uemura. Merek kecantikan asal Jepang tersebut meluncurkan koleksi kosmetik terbarunya pada bulan Oktober 2020 ini dengan nama Shu Uemura ONE PIECE. Ada beberapa jenis kosmetik yang dibuat dalam koleksi Shu Uemura ONE PIECE tersebut.

Pertama, ada dua palet eyeshadow –masing-masing 10 warna—dengan pilihan warna berkilau bak permata, seperti turquoise, navy, burgundi, dan emas. Semua warna tersebut terinspirasi dari karakter dan serial anime One Piece.Terdapat juga sembilan lipstik yang memesona dengan merah sebagai warna dasarnya. Pilihannya, dari warna bernuansa oranye hingga marun gelap.

https://www.instagram.com/p/CFYWcmilIlS/

Selain itu, cleansing oil Shu Umura yang banyak digemari hadir dengan kemasan terbatas berdesain One Piece. Alat rias Shu Uemura, Petal Foundation Brush dan pelentik bulu matanya yang ikonis hadir juga pada seri One Piece ini.

Harga jual Shu Uemura ONE PIECE ini mulai US$33 – US$165.

7. Demon Slayer X ICE-WATCH

Demon Slayer Ice Watch

Sumber: Ice Watch JP

Satu lagi merek fesyen (aksesoris fesyen) ternama yang berkolaborasi dengan anime hits Demon Slayer adalah ICE-WATCH. Produsen jam tangan asal Belgia ini meluncurkan koleksi “Demon Slayer X ICE-WATCH” pada bulan Oktober 2020 yang sangat stylish.

Ada lima desain jam berdasar karakter-karakter Demon Slayer, yaitu Tanjiro Kamado, Nezuko Kamado, Zenitsu, Agatsuma, Inosuke Hashibira, dan Kyojura Rengoku. Setiap desain jam memiliki warna berbeda yang merepresentasi karakter-karakter tersebut. Selain itu, terdapat gambar (motif) pada badan jam yang juga berbeda-beda sesuai ciri khas lima karakter Demon Slayer tadi.

ice watch demon slayer

Sumber: Ice Watch JP

Jam ini dirilis khusus di Jepang melalui toko offline dan online Aniplex, ICE – WATCH, dan animate. Harga jualnya adalah 17600 yen atau sekitar Rp2 juta per buah.

8. Colourpop X Sailormoon

beauty and fashion brand Sailor Moon

Sumber: Colourpop US

Meski sudah berusia 25 tahun, anime Sailormoon masih banyak dikenal hingga saat ini. Bisa dibilang, merupakan salah satu pelopor anime kawaii (cute) secara global. Warna-warni dari animenya yang bernuansa sangat girly diminati banyak orang. Karena itu, beauty brand asal Amerika, Colourpop, meluncurkan kolaborasinya dengan franchise anime ini bernama “Colourpop X Sailor Moon”.

Koleksi yang diluncurkan bulan Februari 2020 lalu menampilkan set tata rias dengan warna-warna cantik khas karakter Sailor Moon. Ada Pretty Guardian Eyeshador Palette berisi 12 warna dengan warna, antara kuning, pink, peach, lilac, dan violet.

Ada juga blush-on Pressed Blush dengan pilihan matte dan pearlized, lalu Glitter Gel untuk melengkapi riasan, dan lipstik bernuansa pink dan nude pada koleksi Ultra Blotted Lip dan Ultra Glossy Lip. Koleksi makeup Colourpop X Sailor Moon ini bisa diperoleh dengan harga mulai US$8.

9. Longchamp X Pokemon

fashion brand Pokemon bag

Sumber: LOfficiel Malaysia

Produsen tas mewah asal Prancis, Longchamp, tidak ketinggalan menampilkan anime pada koleksi terbarunya. Tas-tas cantik dan ikonis Longchamp akan dihiasi maskot Pokemon yang menggemaskan, Pikachu. Koleksi tas terbaru Longchamp tersebut dirilis pada bulan Oktober 2020.

Ada empat desain Pokemon eksklusif pada tasnya yang bisa jadi pilihan. Terdapat warna hitam dan putih pada tas seri LGP kanvas yang cute dan cantik, lalu seri kulit embossed, seri edisi terbatas, dan seri kanvas hitam. Pilihan warnanya terdiri dari hitam, putih, dan merah. Ada juga gantungan kunci Pikachu sebagai aksesoris tambahan. Harga jual tas ini mulai US$ 175.

10. Gucci X Doraemon

Gucci Doraemon Bag

Sumber: Nylon SG

Merek fesyen mewah asal Italia, Gucci, tampaknya senang berkolaborasi dengan karya-karya animasi. Salah satunya adalah Doraemon yang sedang merayakan ulang tahunnya ke-50 tahun ini. Pada Gucci’s Resort 2021 Collection, salah satu koleksi yang dipamerkan adalah tote bag dengan lambang khas Gucci, tapi dipenuhi beberapa gambar Doraemon ukuran kecil dengan berbagai gaya.

Tas yang diberi nama “Epilogue” ini terbuat dari kulit dengan nuansa vintage mewah khas Gucci. Pada bagian sampingnya berwarna merah burgundi dan terdapat logo Gucci berwarna emas pada bagian atasnya.

Bagi yang menginginkan tas ini, harus bersabar menunggu waktu rilis dan harganya. Sebab, Gucci hanya memamerkannya peragaan busana virtual bulan Juli lalu. Karena bagian dari Resort 2021 Collection, diperkirakan hadir beberapa bulan mendatang pada tahun 2021.

Itulah 10 beauty dan fashion brand yang berkolaborasi dengan anime-anime populer. Produk-produk ini bukan hanya ditujukan bagi fans animenya saja, ya. Siapa pun boleh memilikinya, termasuk anak kost.

BACA JUGA:

 

Artikel Rekomendasi kami